Selama pameran Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 berlangsung Sabtu (17/11) hingga Minggu (18/11) kemarin di salah satu area pamer jajaran mobil-mobil modifikasi dan berbagai produk serta merek pendukung, nampak salah satu booth berisi kendaraan unik dengan tampang yang sangat maskulin. Yup, booth itu merupakan milik brand Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes), sebuah kendaraan dalam negeri yang diproduksi oleh PT. Kiat Mahesa Wintor Indonesia (PT KMWI), dan PT. Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) sebagai distributornya.

Bumper depan senada dengan rollbar di Pilar A.

Tampilan AMMDes di ajang IMX 2018 sudah melewati proses modifikasi oleh builder kenamaan Tomi Gunawan, pemilik rumah modifikasi Tomi Airbrush. “Ada dua konsep yang diaplikasi pada dua kendaraan angkut tersebut, yakni berkarakter tangguh dan fungsional sedangkan yang satunya lagi lebih modifikasi mengarah pada penekanan imej sebagai kendaraan angkut produksi dalam negeri,” beber Tomi saat ditemui di booth Rekor Otomotif Indonesia (ROI) kemarin.

Modifikasi bagian depan menjadikan tampang AMMDes terlihat kokoh dan berkarakter.

Konsep pertama, sang AMMDes dibuat lebih berkarakter, warna bodi eksteriornya dibuat eye catchy dengan warna orange candy. Di kendaraan ini Tomi lebih menekankan pada fungsi dan karakter tangguh dalam konsepnya. Perubahan paling signifikan nampak pada sekujur bagian kepala yang dikelilingi rollbar. Fungsinya sebagai kendaraan angkut di area perkebunan atau pertanian, rollbar mampu melindungi kendaraan dari ancaman benturan pada sekitar bodinya. Selain itu semua komponen bagian eksterior seperti bumper depan, grill, hingga lampu depan dan over fender mengarah pada konsep kendaraan tangguh.

Interior AMMDes.

Sisi depan rollbar pelindung Pilar A jga dipenuhi dengan empat buah lampu tembak alias foglamp. “Fungsi lampu tembak pada bagian depan ini, melengkapi kendaraan tersebut saat berjalan di area perkebunan atau pertanian yang gelap. Diharapkan mampu membantu pengendara saat senja atau menjelang malam,” ujar Tomi. Sementara untuk lampu utama diganti dengan model LED, agar lebih terang.

Bak diubah berbahan plat bordes, lebih kuat menampung beban.

Bak AMMDes diganti dengan plat bordes. Bukan saja mengejar penampilan kokohnya saja, tapi juga memenuhi unsur kekuatan alias berkenaan juga dengan kemampuan daya angkutnya. Maka itulah, dalam penyajian display-nya, bak AMMDes berkelir oranye ini diisi dengan motor gede (moge).

Penghargaan ROI untuk AMMDes diterima langsung oleh Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian (Menperin) Republik Indonesia.

Tak sia-sia, hasil modifikasi AMMDes ini menuai pujian dari Airlangga. Pasalnya, semua modifikasi dilakukan dengan perhitungan matang mulai dari konsep, proses penggarapan dan finishing hingga hasilnya maksimal. Pantaslah jika Rekor Otomotif Indonesia (ROI) menggajarnya dengan penghargaan tertingginyaMantaap brooo! [nus/TA.com]

Share This

Share this post with your friends!