PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja meluncurkan motor skutik terbarunya Yamaha All New NMax. Ada sejumlah perubahan dari generasi yang sebelumnya. Tampang depan, Yamaha All New NMax lebih terlihat kekinian dengan mengusung lampu LED. Dan ragam fitur lainnya seperti adanya lampu hazard untuk posisi darurat, keyless, dan electric power socket. Serta tampilan speedometer dibekali indicator Y-Connect App.

Melihat tampilan baru skutik laris dari Yamaha tersebut, membuat Tomi Gunawan, pemilik bengkel modifikasi Tomi Airbrush tak tinggal diam. Sejumlah konsep modifikasi pun telah disiapkan oleh Tomi untuk mengakomodir keinginan para penunggang Yamaha All New Max 2019 yang ingin memodifikasi motornya.

 

Ada tiga desain konsep modifikasi virtual yang sudah disiapkan oleh bengkel Tomi Airbrush. Ketiganya masih mengutamakan kenyamanan dan keselamatan berkendara, dan tidak mengubah fungsi utama kendaraan dari pabrikan. Berikut ini akan kami bahas satu-persatu konsep modifikasi virtual Yamaha All New NMax 2019.

Touring Concept

Sejatinya Yamaha NMax memang skutik yang bersahabat untuk diajak perjalanan jauh. Posisi berkendara baik, ditunjang dengan bodi yang gambot namun aerodinamis dianggap sempurna melahap trek panjang. Tomi pun jeli membaca penggemar-penggemar Yamaha NMax yang “gila” touring.

Penampilan dibuat lebih sangar menyesuaikan dengan konsepnya, dan modifikasi menyangkut hampir seluruh sektornya. Menegaskan konsep touring yang sangar dan siap libas segala trek, bodi eksterior mendapat sentuhan airbrush dengan konsep silver brush. Semakin ciamik, Tomi menambahkan grafis simpel berwujud stripes dengan warna hitam.

Modifikasi Yamaha All New NMax berkonsep Touring.

Konsep touring semakin menguat dengan modifikasi bagian kaki-kaki. Tomi menyarankan penggantian velg Yamaha All New NMax 2019 tersebut dengan diameter yang lebih lebar dari aslinya. “Kami membebaskan Anda untuk berkreasi di bagian kaki-kaki, sesuai dengan selera. Tujuan penggantian velg lebar agar ban lebih menapak di setiap lintasan,” ucap Tomi.

Fungsi pengereman juga wajib menjadi perhatian. Agar rem tetap berfungsi maksimal namun modis, Tomi merencanakan desain modifikasi virtual Yamaha All New NMax 2019 ini dengan mengganti disc brake lebar. Perangkat rem yakni kaliper rem diganti dengan produk Brembo.

Suspensi juga menjadi perhatian Tomi untuk membuatnya lebih maksimal. Suspensi depan disarankan untuk diganti dengan model up side down. Sedangkan suspensi belakang disesuaikan dengan keinginan dan selera Anda.

Performa mesin tak perlu di utak-atik. Cukup mengadopsi knalpot racing. Fokus pada model knalpotnya. Disarankan Tomi,  ganti pipa knalpot racing sampai dengan silincer model double. Sehingga kesan “sangar” makin terekspos.

Piranti lain yang harus di-custom meliputi jok. Jok dimodifikasi dan disesuaikan modelnya dengan ‘paprasan’ busa yang lancip di beberapa sisinya. Kemudian windshield asli diganti dengan ukuran yang lebih tinggi. Selain lebih terlihat modis, ini berfungsi untuk mengurangi hantaman angin ke tubuh pengendara.

Satu lagi perangkat yang menjadi ikon motor touring, yakni box. Tomi menyarankan mencari bentuk box yang sesuai dengan konsep grafis airbrush. Jika tidak mendapatkannya, crew Tomi Airbrush siap memodifikasi box sesuai dengan bentuk motor, agar penampilan alias modifikasinya sempurna.

Sporty & Blue In The Sky Concept

Selain modifikasi virtual Touring concept untuk penampilan eksterior bodinya. Tomi Gunawan juga telah menyiapkan dua konsep modifikasi lainnya untuk Yamaha All New NMax ini. Konsep tersebut hanya dibedakan dari penampilan alias balutan tema airbrush-nya.

Modifikasi Yamaha All New NMax berkonsep Sporty.

Modifikasi virtual Yamaha All New NMax bertajuk Sporty Concept. Konsep ini mengetengahkan warna dasar bodi motor bertema Indonesia. “Pada umumnya tujuan utama modifikasi berkonsep sporty adalah untuk membuat penampilan jadi lebih fresh dan terkesan berani tampil beda,” ungkap Tomi Gunawan.

Warna merah dan putih menjadi landasan dasar dari seluruh bodinya. Merah identik dengan sporty, dan putih mengimbanginya. “Konsep merah putih juga bisa diartikan sebagai tema ‘Indonesia Banget’, dan prosesnya pun bisa dibuat sempurna dengan pengecatan airbrush,” tambah Tomi lebih lanjut.

Konsep modifikasi sporty ini bisa juga disebut dengan Two Tone Colour. Artinya, Anda bisa menggabungkan dua warna favorit menjadi satu.

Konsep modifikasi virtual Yamaha All New NMax yang berikutnya yakni Blue In The Sky. Merupakan perpaduan dua buah warna yaitu biru dan putih. Berbeda dengan konsep modifikasi Sporty, pada konsep Blue In The Sky terdapat gradasi grafis simpel stripes di beberapa warna dasarnya.

Modifikasi Yamaha All New NMax berkonsep Blue In The Sky.

“Konsep modifikasi dengan warna-warna demikian cocok buat Anda yang berjiwa muda, senang jalan santai atau city riding,” tutup Tomi.

So, buat kalian yang mau memodifikasi skutik barumu di awal tahun 2020 mendatang, tak ada salahnya untuk berkonsultasi gratis dengan Tomi Gunawan, atau bisa mengubungi nomor ini +62815 86700 800. [nus/TA.com]