PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja meluncurkan tiga motor terbarunya di awal Desember 2019 ini, diantaranya ada Yamaha All New NMax, Yamaha WR 155R dan model sport heritage Yamaha All New XSR 155. Kehadiran dua motor dengan model trail dan sport heritage tersebut menjadi penggairah di segmen pasar sport Nasional. Namun juga turut menjadi pelengkap atas varian keluarga Sport Yamaha (The Completion of Yamaha Sport Family) yang sebelumnya telah lebih dulu diisi oleh Yamaha All New Vixion series, R series, dan MT series.

Kehadiran motor-motor baru tersebut rupanya juga mengusik builder modifikasi bertangan dingin Tomi Gunawan, dari bengkel modifikasi Tomi Airbrush. Setelah sebelumnya ia membuat rancangan desain modifikasi untuk Yamaha All New NMax. Kini, Tomi juga meramu desain modifikasi untuk Yamaha All New XSR 155.

Yamaha All New XSR 155 terlahir sebagai salah satu motor Sport Heritage dari Yamaha yang mengusung konsep Born to be Free, Yamaha All New XSR 155 adalah simbol atas ekspresi tren gaya hidup dan refleksi dari nilai kreativitas tanpa batas. Dengan perpaduan nilai warisan masa lalu serta sentuhan teknologi masa kini, Yamaha All New XSR 155 diyakini mampu menyuguhkan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan melalui tampilan desain motor berkonsep sport heritage yang tak lekang oleh waktu, fitur berkendara moderen, serta performa mesin yang andal dan bertenaga.

“Berlatarbelakang dari konsep desain pabrikan tersebut, kami mengembangkan ide desain untuk modifikasi Yamaha All New XSR 155. Berikut bahasan detail mengenai konsep modifikasi yang pertama bertema Naked Bike. Dalam waktu dekat kami buat konsep lainnya,” beber Tomi Gunawan.

Yamaha All New XSR 155 Modifikasi Sport Bike

Ide awal pembuatan konsep modifikasi ini mengeksplor modelnya yang sudah sporty dari pabrikan. Perubahan dilakukan pada seluruh bodi dan kaki-kaki. Membutuhkan perubahan bentuk pada bagian buritan agar lebih menungging

Langkah awal yang dilakukan dengan mengubah bentuk bodi, rangka asli bagian belakang Yamaha All New XSR 155 berbentuk rata. Untuk itu, agar tampilan sesuai dengan konsep modifikasinya haruslah dipotong dan di-custom untuk mencapai bentuk menungging. Tak lupa, sehubungan dengan itu maka, bodi pun harus dimodifikasi. Tangki juga dibuat custom dan berukuran sedikit lebih gambot dari pada sebenarnya. Inspirasi bodi datang dari beberapa referensi model-model motor naked bike, alhasil ketemulah desain tersebut. Namun beberapa lekuk desainnya harus disesuaikan dengan bentuk asli dari Yamaha All New XSR 155.

Proses finishing jadi penentu. Agar kesan tangguh dan berkarakter semakin menonjol. Hitam menjadi warna dasar dari modifikasi Yamaha All New XSR 155 ini. Menghadirkan harmonisasi dalam hal pewarnaan bodi, Tomi melengkapinya dengan stripes berawarna kuning. Kesan sangar juga dapat dieksplor melalui pemilihan warna hitam doff.

Disarankan oleh Tomi, ada dua alternatif pengerjaan warna kuning stripes-nya. “Pilihan pertama untuk proses yang simpel bisa menggunakan teknik cutting sticker dan bisa juga menggunakan cat airbrush.”

Lebih jauh Tomi menambahkan, proses stripes dengan cutting sticker lebih cepat dari pada airbrush. “Jadi soal total waktu pengerjaan ada selisih ketimbang menggunakan proses airbrush,” ujarnya.

Modifikasi selajutnya haruslah membidik bagian kaki-kaki. Suspensi merupakan komponen utama yang dilirik. Up Side Down adalah pilihan terbaik untuk mendukung konsep modifikasi ini. Kemudian berikutnya swing arm pabrikan pensiun, penggantinya ada Pro Arm.

Velg racing berukuran gambot jadi pilihan untuk menambah kuat karakter modifikasinya. Komponen terakhir yang disarankan Tomi untuk diganti agar penampilan kaki-kaki sesuai konsep modifikasi, maka disc brake harus diganti dengan model lingkar diameter yang besar. Komponen kaliper juga jadi perhatian untuk diganti menggunakan produk aftermarket terbaik. Tujuannya agar fungsi pengereman akibat penggantian velg dan swing arm menjadi lebih baik.

Bagian akhir adalah knalpot. Meskipun mesin tak dimodifikasi, tetapi Tomi menyarankan penggantian knalpot racing atau custom. Namun diperlukan penyesuaian setting-an agar performa mesin tetap terjaga. Dan yang pasti model knalpot hingga silencernya sudah disesuaikan dengan konsep modifikasinya.

Mau tahu lebih detail tentang modifikasi Yamaha All New XSR 155 ini? Silahkan berkonsultasi gratis dengan Tomi Gunawan, atau bisa mengubungi nomor ini  +62815 86700 800. [nus/TA.com]