Kehadiran Suzuki Jimny di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu memang langsung menarik perhatian para khalayak otomotif. Dibanderol dengan harga Rp. 315,5 juta hingga Rp. 330 juta On The Road (OTR) Jakarta pada kala itu, tak menyurutkan antusias penggila mobil lengendaris Suzuki tersebut.

Beberapa bulan mengantri untuk pembelian, kini tren bergulir ke arah modifikasinya. Setelah mulai banyak diterima di tangan konsumen, giliran dunia modifikasi yang turut bergeliat untuk jip yang juga hadir dengan model dua warna ini.

Musa Tjahjono, Head Designer bengkel kenamaan di Amerika, West Coast Customs, turut memberikan warna dengan membuat desain modifikasi virtual Suzuki Jimny. Seperti dilansir dari kanal Youtube Tomi Airbrush, Musa membuat sebuah konsep desain modifikasi Suzuki Jimny dengan lekuk desain yang menambah kental karakter sang Jimny.

Modifikasi virtual tersebut tampak mencolok pada bagian eksterior. Tetap mengadopsi two tone color, seperti yang juga tersedia pada versi asli atau originialnya. Hanya saja, pada desain Musa, pengadopsian warna terlihat lebih trendi dengan komposisi hitam pada bagian atas dan silver di bagian bawah. Warna silvernya pun tidak sembarang, tampak ciamik dengan konsep warna silver brush atau alumunium. Satu hal yang membuat tampang eksterior jadi makin hidup yakni pengaplikasian striping line merah di bagian sampingnya.

Di bagian depan, gril asli dengan model vertikal yang terlihat kaku, dibuat lebih sporty dengan diganti model jaring. Desain modifikasi bagian depan tersebut juga menyangkut sektor bumper bagian bawah. Di sini ada pengadopsian warna senada dengan bodi sampingnya, yakni silver. Bentuknya bumper pun juga disentuh modifikasi agar semakin berkarakter sporty. Bagian bawah bumper dibuat warna kontras. Sisi samping bagian bawah juga sudah dilengkapi dengan aluminium lowering skirt.

Dalam kanal Youtube review modifikasi virtual Suzuki Jimny tersebut, Tomi Gunawan, builder bengkel Tomi Airbrush juga menambahkan komentarnya, “bagian lampu yang berbentuk bulat ini juga dapat dibuat lebih ciamik dengan penggunaan projector LED lamp berukuruan 2,5 hingga 3 inci,” ujarnya.

Lebih lanjut komentar Tomi, fog lamp juga dapat diganti LED tiga warna untuk menambah kesan trendi dan kekinian, namun tetap sesuai fungsinya.

Selanjutnya nih guys, kita fokus lagi ke modifikasi virtual by Musa. Di bagian kaki-kaki, tampak desain Suzuki Jimny dipadukan dengan velg Lexani. Dalam gambar modifikasi virtual tersebut lingkar roda dibuat lebih besar dari aslinya. Mengenai ukuran diserahkan pada pemakai. Idealnya naik 2 ring dari ukuran standarnya.

Nah, sehubungan dengan penambahan lingkar diameter velg, maka suspensi pun harus dapat sentuhan. “Pilih per yang lebih ceper dari aslinya, atau pakai coilover,” beber Tomi.

Poin dari modifikasi virtual ini adalah ubahan atau konsep modifikasi yang bertema kokoh tapi simpel. Dari sisi modifikator, Tomi angkat bicara. Modifikasi virtual tersebut sangat memungkinkan untuk diaplikasikan pada mobil riil.

Untuk warna Tomi menyarankan cara yang paling sempurna, yakni pengecatan ulang. Anjuran warna untuk sisi atas menggunakan black diamond atau black doff, bagian bawah bisa dipilih silver atau metalic. Sementara itu cara simpelnya ada menggunakan cutting sticker. [nus/TA.com]

Thank you Bro Musa @musartwork..!