Velg sepeda merupakan bagian dari lingkar roda, di mana fungsinya sama dengan kendaraan lain, yakni tempat menempelnya ban. Ada beberapa bahan atau material yang umumnya digunakan untuk bahan velg sepeda. Diantaranya ada yang terbuat dari aluminium. Velg berbahan aluminium memiliki kelebihan baik untuk mendukung fungsi pengereman.

Nah, bicara soal kelas, bahan carbon juga lazim digunakan untuk bahan dasar velg sepeda. Walaupun pada dasarnya velg berbahan carbon berbanding terbalik dengan velg aluminium dalam hal pengereman. Velg dengan bahan carbon ada beberapa kelemahan diantaranya pada saat kondisi basah pengereman jadi kurang maksimal, velg ini juga memiliki sifat lebih cepat panas.

Pada beberapa merek sepeda berkelas, velg berbahan carbon biasanya juga dilapisi dengan material lain, seperti sticker, tujuannya untuk membantu meningkatkan performa pengereman jadi lebih maksimal.

Sisi lainnya, velg sepeda carbon banyak digemari orang, karena bobotnya yang ringan. Meskipun sebenarnya bobot ringan velg tak hanya ditentukan oleh bahannya, tapi juga dinding velg, ada yang single ataupun double. Single bukan berarti juga menjadi lebih ringan, tergantung ketebalan lapisannya. Adakalanya dinding velg double memiliki kekuatan lebih baik dan tentu Anda harus menebusnya dengan harga yang lebih mahal. Pada dasarnya velg sepeda jenis ini berfungsi lebih aerodinamis, terutama pada velg dengan jumlah lubang spoke yang jarang.

Nah, bila kalian memiliki masalah dengan velg sepeda carbon yang rusak, retak, ataupun penyok akibat pemakaian, rasanya sayang sekali jika harus diganti begitu saja, mengingat harganya yang juga cukup mahal. Bawa saja ke bengkel Tomi Airbrush, di bengkel ini selain reparasi sepeda, reparasi rangka carbon, juga bisa reparasi velg sepeda termasuk velg carbon.

Menurut Tomi Gunawan, builder dan pemilik bengkel, “dalam proses reparasi velg carbon sepeda diperlukan ketelitian. Agar hasilnya kembali seperti semula, sehingga performanya bisa seperti sedia kala.”

Kalau Anda penasaran dan ingin tanya-tanya, silahkan telepon ke nomor ini 0815 86 700 800. [nus/TA.com]