Mau liburan akhir tahun dengan mobil Anda? Sudahkan Anda mengecek dan mempersiapkan mobil Anda dengan baik? Berikut ini ada beberapa saran singkat yang disampaikan oleh Tomi Gunawan, pemilik sekaligus builder bengkel modifikasi Tomi Airbrush di bilangan Duri Kepa, Jakarta Barat. Menurutnya pengecekan tak hanya mesin, kaki-kaki tapi juga fungsi lampu utama.

Foto : Ilustrasi.

Pertama, Tomi menyarankan periksa dan ganti oli mesin, jika memang sudah waktunya. Artinya sudah mendekati kilometer pemakaian atau jikapun belum, pastikan apakah olinya masih baik atau tidak. Setelah itu periksa komponen rem dan minyak remnya. Lakukan penggantian minyak rem jika diperlukan. Perlu juga memeriksa perangkat roda dan ban, misalnya lakukan spooring ulang, serta cek semua bearing apakah masih berfungsi baik atau tidak. Wajib juga memastikan kondisi ban dalam keadaan baik / tidak gundul. Hal ini dapat Anda lakukan dalam satu rangkaian saat servis mobil.

Foto : Ilustrasi.

Berhubung jelang akhir tahun, berada pada musim penghujan. Maka tak ada salahnya Anda juga memeriksa kondisi wiper kaca mobil. Lakukan penggantian jika memang karet wiper sudah mengeras yang berakibat sapuan air pada kaca mobil tidak maksimal.

Lampu utama mobil juga jadi perhatian Anda, jika musim hujan seperti ini, agar tak mengganggu penerangan jalan saat berkendara. Jika Anda menemukan kendala lampu mobil kurang terang, ini solusi jitu dari bengkel Tomi Airbrush. Yuk, disimak guys!

“Sehubungan dengan musim hujan di setiap akhir tahun, tak ada salahnya selain memeriksa kondisi mesin, roda dan komponen vital mobil. Anda juga wajib memperhatikan daya pancar lampu utama mobil,” tegas Tomi. Ini berkaitan dengan keselamatan berkendara, supaya pandangan saat malam, cuaca gelap atau bahkan saat hujan deras, lampu mobil tetap berfungsi maksimal dan tak mengganggu pandangan Anda berkendara.

Lampu utama mobil buram akibat jamur atau usia.

Jika lampu mobil Anda tidak terang. Lakukan beberapa langkah pemeriksaan, diantaranya mengenai daya atau watt dan suplai arus listrik apakah sudah sesuai dan berfungsi normal. Langkah kedua Anda juga perlu melihat kondisi mika atau kaca lampu utama mobil. Jika sudah buram atau menguning jelas ini faktor yang juga mempengaruhi daya pancar lampu utama mobil.

Nano burn coating, cara cepat membersihkan kaca atau mika lampu utama mobil.

Mengatasi hal tersebut bukanlah hal sulit dan mahal. Tomi Airbrush mampu membuat lampu mobil buram atau menguning menjadi seperti baru hanya dalam waktu kurang dari 2 jam. Dengan cara Nano Burn Coating, ini merupakan solusi simpel dan murah untuk reparasi lampu utama mobil Anda, dibanding Anda harus membeli satu set lampu mobil yang baru. Anda hanya cukup sediakan anggaran biaya sekira Rp. 400 – Rp. 600 ribu. “Kisaran harga tersebut tergantung dari pada tingkat keburaman kaca atau mika lampu mobil Anda, lebih murah dibandingnkan membeli satu set lampu mobil yang harganya mulai dari Rp. 1 jutaan,” ujar Tomi.

Jika semua tahapan pengecekan kendaraan atau mobil yang disarankan Tomi sudah Anda lakukan. Tomi menjamin perjalanan akhir tahun Anda aman dan menyenangkan. Buktikan sendiri! [nus/TA.com]

Share This

Share this post with your friends!