General Motors (GM) Divisi Australia berkolaborasi dengan tim desain GM lainnya, berhasil menciptakan sebuah desain mobil konsep yang sangat liar. Liar tak hanya dari desainnya, namun juga dari pasokan tenaga mesin listrik yang dihasilkannya.

Desain liar bertajuk Holden Time Attack ini merupakan simbolis perayaan 50 tahun kemenangan Holden di arena pacuan kuda di kota Bathrust, Australia. Ide gila dari mobil konsep tersebut adalah mobil balap futuristik yang mengusung teknologi terbaru.

Bodi eksterior futuristik.

Mobil konsep Holden Time Attack ini dirilis GM Divisi Australia pada Jumat pekan kemarin. Menurut keterangan yang diperoleh dari motorauthority, mobil konsep tersebut dikembangkan dengan teknologi simulasi canggih dan alat komputer mutakhir. Dari segi eksterior pun juga mengusung desain monokuk berdasar serat karbon, kemampuan tenaga dan sistem suspensinya dirancang atas teknologi komputerisasi di dunia maya.

Holden Time Attack Concept.

Menurut keterangan Richard Ferlazzo, Kepala Desain Holden GM Australias, yang diartikan ke dalam bahasa Indonesia, “teknologi yang kami gunakan saat ini telah mengubah cara kami mendesain mobil.” Lebih lanjut katanya, “kami memiliki kemampuan untuk mensimulasikan penampilan mobil, teknologi, dan dinamika dalam animasi yang meyakinkan, yang memungkinkan kami untuk memberikan desain yang lebih baik dalam waktu yang lebih singkat.”

Power dari mesin listrik menghasilkan tenaga mencapai 1.341 tenaga kuda.

Holden Time Attack concept ini mengandalkan tenaga listirk dengan keluaran tenaga mencapai 1.341 tenaga kuda dengan bobot yang tergolong ringan, kurang dari 1 ton. Saat simulasi uji coba di lap Bathurst’s Mount Panorama Circuit, Holden Time Attack concept menghasilkan waktu 1: 29.30. Sebagai perbandingan, mobil balap McLaren 650S GT3 selama 2016 12 Jam lomba Bathurst menorehkan angka 2: 01.567.

Lingkar kemudi full fitur teknologi.

Meskipun Holden Time Attack masih sebatas konsep, namun dalam pengerjaan konsepnya telah mempertimbangkan tim teknik Holden dan divalidasi secara arodinamika dengan model 3D tercetak. Sejauh ini, pihak Holden tidak dapat menjelaskan rencana lebih lanjut mengenai konsep Holden Time Attack. [nus/TA.com]

Share This

Share this post with your friends!