Agenda tahunan penganugerahan gelar motor terbaik Forwot Motorcycle of the Year (FMY) dan sebagai apresiasi kepada para produsen sepedamotor yang tergabung di dalam Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang diselenggarakan oleh Forum Wartawan Otomotif (Forwot), telah berhasil mengerucut pada hasil akhir.

Kendaraan roda dua yang masuk nominasi adalah produk terbaru yang telah rilis di pasaran pada periode September 2018 sampai Agustus 2019. Tahap awal ada 15 motor terbaru, mulai dari naked bike, sport bike, sampai skutik (skuter otomatis). Pemilihan ini melibatkan 83 juri dari berbagai media.

Hasil penjurian mengerucut pada 5 motor yang lolos pada tahap penilaian akhir, ditempati oleh Honda ADV 150, Yamaha MT-15, Suzuki GSX 150 Bandit, Yamaha FreeGo, Kawasaki Ninja 250. Penjurian kembali dilakukan dengan melibatkan 21 Jurnalis, dan masing-masing mengantongi 25 poin untuk melakukan penilaian kelima motor tersebut.

Pada akhirnya Honda ADV 150 terpilih paling unggul dan berhak meraih gelar Motorcyle of The Year 2019. Skutik bermesin 150cc tersebut meraih penilaian tertinggi dengan jumlah 144 poin. Sementara posisi kedua ditempati oleh Yamaha MT-15 dengan catatan 105 poin, Suzuki GSX150 Bandit 93 poin, Yamaha FreeGo 93 poin, dan Kawasaki Ninja 250 meraih 90 poin.

Penilaian yang diberikan kepada kelima finalis itu tentunya berdasarkan pengalaman dewan juri yang fokus pada sejumlah aspek yang meliputi desain, kenyamanan, keamanan, nilai ekonomis, handling, performa, fungsional, keramahan lingkungan, pengalaman berkendara dan harga.

Para Finalis dan Honda ADV150 selaku pemenang FORWOT Motorcycle of The Year 2019 bersama Indra Prabowo selaku ketua umum FORWOT Indonesia.

Ketua Dewan Juri Forwot Motorcycle of the Year 2019 Jeffry Yanto Sudibyo mengatakan, Honda berhasil mempertahankan produk-produknya selama dua tahun beruntun pada FMY.

“Pada 2018 Honda PCX Hybrid dan tahun ini Honda ADV 150. Menurut penilaian para juri, Skutik yang mengusung gaya petualang itu cukup menyita perhatian dengan desainnya yang gagah, dan fitur-fitur ditawarkan sesuai kebutuhan masyarakat zaman sekarang,” ujarnya.

Poin lainnya, catatan dari gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Honda ADV 150 meraih trending topic di jagad maya, kemudian jumlah angka pemesanannya mencapai ratusan unit per-hari.

Ketua Umum Forwot Indra Prabowo menjelaskan, dengan kemenangan Honda ADV 150 ini harapannya menjadi pemicu Agen Pemegang Merk (APM) motor lainnya untuk terus melahirkan motor-motor yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia. Karena setiap tahun, selera atau tren motor terus berubah mengikuti zaman.

“Tahun ini jumlah motor yang berhasil dijaring oleh Forwot Motorcycle of the Year menurun 50 persen karena hanya 15 motor baru. Di 2018 jumlah motor baru yang masuk nominasi adalah 30 model berarti ada penurunan. Biasanya APM menahan untuk merilis produk-produk barunya karena dipengaruhi dengan kondisi ekonomi dan situasi politik karena ujung-ujung berdampak pada pembelian konsumen,” kata Indra. [nus/TA.com]

Share This

Share this post with your friends!