Kompetisi desain virtual modifikasi Chevrolet Spark yang digelar oleh Chevrolet Indonesia, bertajuk “Spark It Happen: From Sketch To Drive” yang berlangsung mulai 17 Agustus sampai 30 September 2017 bekerjasama dengan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) telah menghasilkan juara. Lebih dari 200 karya desain diterima Chevrolet, kemudian terpilih 10 finalis.

Menariknya dari kompetisi desain virtual ini, dua karya desain dari pemenang pertama dan kedua diwujudkan pada The All-New Chevrolet Spark. Kedua pemenang tersebut yaitu Dandung Prasojo asal Banyuwangi sebagai pemenang pertama dan Novita Saroh dari Jakarta, pemenang kedua. Kedua karya desain dari pemenang tersebut bercerita tentang Indonesia. Karya desain modifikasi virtual Dandung bercerita tentang Indonesia melalui perpaduan desain topeng yang dikombinasikan dengan motif batik. Sementara Novita mengangkat tema kekuatan Indonesia sebagai negara maritim.

Modifikasi The All-New Chevrolet Spark karya desain Dandung Prasojo, juara pertama, perpaduan desain topeng yang dikombinasikan dengan motif batik.

Adalah Andre Mulyadi, CEO NMAA, selaku pimpinan proyek modifikasi ini menggandeng Tomi Gunawan dari bengkel modifikasi Tomi Airbrush dan Edy dari workshop Vertue Concept yang bertugas mewujudkan karya desain modifikasi tersebut ke dalam mobil The All-New Chevrolet Spark.

Modifikasi The All-New Chevrolet Spark karya desain Novita Saroh, “Enjoy Indonesia”, kekuatan Indonesia sebagai negara maritim.

Proses pengerjaannya, dari desain yang terpilih, dibuatlah molding alias cetakannya dengan skala 1:1. Tomi yang bertugas sebagai eksekutor modifikasi eksterior khususnya pengecatan dan airbrush, mendesain ulang karya pemenang tersebut guna mendapatkan sketsa riil yang akan diterapkan pada mobil The All-New Chevrolet Spark.

Proses pengerjaan pengecatan dan modifikasi airbrush hasil desain karya Dandung Prasojo, di bengkel Tomi Airbrush.

Tomi mengaku tertantang dalam mewujudkan modifikasi kompetisi desain ini. Pasalnya, waktu pengerjaan tergolong singkat, sehingga diperlukan perhitungan yang matang sejak pengerjaan pengecatan dan airbrush bodi hingga pemasangan interior. “Waktu singkat dalam proses pengerjaannya menuntut kami untuk lebih teliti dan detail dalam setiap proses pengerjaannya. Karena jika salah langkah sedikit saja, bisa berpengaruh terhadap timeline keseluruhan pengerjaaan mdoifikasi ini,” ungkap Tomi.

Selain itu, Tomi juga mengatakan bahwa proses pengerjaan pengecatan dan modifikasi airbrush The All-New Chevrolet Spark ini juga menantang. Melihat dari karya desain yang dibuat pemenang, tantangan warna menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Ada banyak aplikasi warna (mixing color) yang perlu diperhatikan dalam setiap penyemprotan cat serta pengerjaan airbrush-nya.

Proses pengerjaan pengecatan dan modifikasi airbrush di bengkel Tomi Airbrush.

Diakui Tomi, meskipun dengan waktu yang singkat tetapi pengerjaan modifikasi The All-New Chevrolet Spark menyenangkan. “Selama ini, tidak ada kompetisi desain modifikasi mobil yang karya pemenangnya benar-benar diwujudkan ke dalam mobil sungguhan.”

Saat ditanya tanggapannya mengenai kompetisi desain, “Spark It Happen: From Sketch To Drive”, Tomi berujar sangat mendukung dan baik untuk kemajuan industri otomotif Indonesia. “Saya sangat mendukung kompetisi desain seperti ini, bukan hanya menggugah anak muda Indonesia untuk lebih kreatif tapi juga kompetisi ini dapat mendukung kemajuan industri otomotif Indonesia.” [nus/TA.com]

Share This

Share this post with your friends!