Rekor Otomotif Indonesia (ROI) baru saja menganugerahkan penghargaan tertingginya kepada Jeffrey Polnaja atas semangat dan kegigihannya memperkenalkan nama Indonesia kepada dunia melalui kegiatan touring seorang diri yang kerap dilakukannya sejak muda. Pria kelahiran Bandung tahun 1962 tersebut memulai petualangannya dari Aviantara Aero Club sebuah klub terbang layang dan berhasil meraih terbang solo menggunakan pesawat laying tandem maupun single seater buatan Schweizer Aircraft, Amerika.

Di tahun yang sama, 1978, Jeffrey muda juga sudah memulai petualangan touring jarak jauhnya dengan kendaraan roda dua melintasi pulau Jawa hingga Bali. Kiprahnya sebagai petualang alias biker sudah tak diragukan lagi. Seringkali Jeffrey melakukan perjalanan touring panjang seorang diri.

ROI mengapresiasi kegiatan touring yang dilakukan Jeffrey Polnaja dalam upaya memperkenalkan Indonesia kepada dunia, Hingga pada akhir-akhir ini, Jeffrey baru saja menyelesaikan agenda touring-nya melahap lima benua, yakni Asia, Afrika, Eropa, Amerika, dan Australia. Ia berhasil kembali dengan selamat ke Indonesia setelah menempuh perjalanan seorang diri menggunakan motor BMW R 1150 GS Adventure tahun produksi 2005 & 2003 selama 7 tahun, melintasi 97 negara dengan jarak 420.000 Kilometer.

Jeffrey Polnaja, saat berada di Afghanistan.

Kiprahnya tersebut mendapat tanggapan positif, khususnya dari Kementerian Luar Negeri, dalam upaya mempromosikan Indonesia. “Tujuan utama yang saya emban memperkenalkan Indonesia di dunia, dengan cara yang unik dan tidak lazim”, tukas Jeffrey.

Lebih lanjut Jeffrey mengatakan, “bersosialisasi dan berkomunikasi dengan banyak warga masyarakat di dunia dengan latar berlakang berbeda-beda jelas menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Bahkan saat melintasi negara yang sedang dilanda konflik, banyak pelajaran yang bisa dipetik.”

Jeffrey Polnaja, berpose di daerah St. Basilica, Moskow.

Atas keberhasilannya tersebut, ROI sebagai salah satu wadah yang mengapresiasi insan, kreatifitas, usaha, dan semua hasil karya berkaitan dengan bidang otomotif yang tentunya dapat memacu pertumbuhan dan perkembangan dunia otomotif Tanah Air ke arah yang lebih maju, dengan bangga mempersembahkan penghargaan tertinggi kepada Jeffrey Polnaja, kategori “Penjelajah Motor Indonesia dengan Jarak Tempuh Terjauh 420.000 Kilometer”.

“ROI sangat menghargai upaya Jeffrey Polnaja, melalui cara yang unik, yaitu touring seorang diri dan berhasil mencapai jarak terjauh lintas 4 benua dan 97 negara di dunia,” ujar Tomi Gunawan, Founder ROI.

Di tahun ini, Jeffrey kembali bertualang dengan mengemban misi Equatoride Stiching The World, ride for peace. Jeffrey akan riding zig-zag menggunakan Honda CRF1000 DCT Africa Twin L2 ke negara-negara yang dilintasi garis ekuator. Targetnya sebanyak 20 negara dalam waktu 2 tahun.

Melihat semangat Jeffrey yang tinggi mengemban misi memperkenalkan Indonesia ke negara-negara di dunia tersebut. Tomi juga berharap, “semoga ke depan dapat tercipta generasi-generasi millennial yang mampu memiliki kiprah memperkenalkan Indonesia kepada dunia dengan cara-cara unik lainnya di bidang-bidang otomotif.” [nus/TA.com]

Share This

Share this post with your friends!