Tomi Gunawan tidak hanya membuat satu konsep modifikasi Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) berkonsep kokoh dan tangguh saja. Tapi dalam IMX 2018 kemarin, Tomi juga dipercaya Menteri Perindustrian (Menperin) Republik Indonesia, Airlangga Hartarto untuk membuat satu konsep lainnya.

Edisi spesial Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMdes), hasil modifikasi Tomi Airbrush.

Berbeda jauh dengan konsep AMMDes orange candy. Konsep yang satu ini lebih menekankan pada imej atau karakter Indonesia. “Dasar pemikirannya yakni AMMDes merupakan kendaraan angkut pedesaan multiguna produksi dalam negeri. Sehingga konsep yang ditekankan adalah tentang Indonesia,” jelas Tomi.

Kaki-kaki dimodifikasi mengarah Alto style.

Batik menjadi ide dasar modifikasi AMMDes ini. Dengan landasan konsep modifikasi tersebut, Tomi membalut sekujur bodi eksteriornya dengan tema Batik. Modifikasi airbrush dengan grafis vector batik dipiih untuk membalut bagian kepala hingga bak AMMDes tersebut.

“Batik merupakan salah satu ciri khas kebudayaan Indonesia, dan AMMDes ini merupakan karya Anak Bangsa. Maka itulah, kami buat dua konsep modifikasi, pertama bicara soal ketangguhan dan ini bicara soal identitas kendaraan angkut pedesaan hasil buatan dalam negeri,” kata Tomi.

Grafis batik menempel juga di sisi samping bak AMMDes ini.

Proses pembuatannya pun melewati tiga tahap. Proses molding menjadi langkah awal yang dikerjakan oleh Tomi dan crew-nya, kemudian proses semprot airbrush. Pada saat proses semprot Tomi menambahkan gradasi. Dan tahap akhir ditutup dengan tiga kali lapisan pernis, supaya hasilnya maksimal.

Bak berbahan plat bordes, kokoh dan kuat.

Tak sia-sia, hasil modifikasi AMMDes ini menuai pujian dari Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian (Menperin) Republik Indonesia. Pasalnya, semua modifikasi dilakukan dengan perhitungan matang mulai dari konsep, proses penggarapan dan finishing hingga hasilnya maksimal. Tak heran pula jika Rekor Otomotif Indonesia (ROI) menganugerahkannya penghargaanBravo Tomi Airbrush! [nus/TA.com]

Share This

Share this post with your friends!