Berbicara soal modifikasi sepeda, sepertinya masih jarang bengkel spesialis sepeda yang menyediakan jasa reparasi frame hingga modifikasi. Namun, bengkel yang lebih dulu melanglang buana di dunia modifikasi kendaraan, Tomi Airbrush telah mulai menerima layanan reparasi dan modifikasi khusus untuk sepeda sejak beberapa tahun lalu. Dan kini, semakin banyak para penghobi sepeda yang datang ke bengkelnya untuk mereparasi bahkan hingga memodifikasi sepeda kesayangannya.

Seperti halnya pemilik sepeda balap alias road bike yang satu ini. Pelanggan yang tak mau disebutkan namanya, mengaku ingin frame sepeda balap miliknya dimodifikasi berwarna bunglon, selayaknya warna bunglon yang biasa dipakai pada mobil-mobil modifikasi.

Guna mewujudkan keiginan pelanggannya, Tomi Gunawan pun bereksperimen untuk mendapatkan komposisi cat yang tepat agar hasilnya maksimal. “Pada dasarnya sih sama saja untuk bahan dan cara pengerjaannya. Hanya saja memang komposisi bahan harus disesuaikan dengan karakter frame sepedanya, agar tercapai hasil sempurna,” ungkap Tomi. Alhasil ada dua warna yang dipakai oleh Tomi untuk membungkus rangka road bike ini, yaitu ungu dan biru.

Rangka road bike bunglon.

Demi memperoleh hasil cat terbaik, diakui oleh Tomi, ia memilih cat bunglon dengan tipe extreme color. Ada tiga lapisan pernis yang dipakai oleh Tomi untuk menyelesaikan modifikasi warna road bike tersebut. Tomi menambahkan, “untuk mengerjakan modifikasi warna ini dibutuhkan waktu sekira dua minggu mulai dari pembongkaran, perakitan kembali hingga mencapai hasil terbaik,” tegas Tomi. [nus/TA.com]

Share This

Share this post with your friends!