Kehadiran kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) terbaru keluaran Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memang mengundang banyak perhatian masyarakat. Model desain “out of the box” dan meninggalkan bentuk boxy yang selama ini merajai MPV di pasar Indonesia, menjadi alasan kuat Mitsubishi Xpander diterima baik di pasar otomotif Tanah Air. Harga relatif terjangkau untuk sekelas Mitsubishi menjadi pendukung lainnya dari kehadiran MPV tujuh penumpang ini.

Bukan hanya menarik bagi masyarakat umum, dan pengemar otomotif khususnya, kehadiran Mitsubishi Xpander di Indonesia juga menarik perhatian para builder atau modifikator mobil Tanah Air. Seperti halnya Tomi Gunawan, pemilik bengkel Tomi Airbrush, ia membuatkan sketsa modifikasi virtual untuk MPV yang populer di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 kemarin.

Tomi berpendapat, “penampilan dan desain asli Mitsubishi Xpander memang sudah sangat baik, penuh karakter dan tergolong mewah untuk kelas MPV,” ungkapnya.

Tomi membuat desain modifikasi virtual dalam dua tampilan modifikasi, yakni sport dan elegant. Modifikasi utama yang dibuat oleh Tomi nampak pada sisi eksterior terutama bumper depan. Konsep tersebut mengusung tema tought, yang dapat disesuaikan untuk berbagai medan jalan sehingga tetap mampu menjalankan fungsinya sebagai mobil keluarga yang tangguh.

Modifikasi virtual Mitsubishi Xpander bertema elegant.

Grill tidak terlalu banyak mendapat sentuhan modifikasi, pasalnya Tomi tetap mempertahankan fungsi aerodinamika sang MPV ini untuk menolak angin dari arah frontal dan disalurkan ke sisi samping ataupun atas mobil. Sebagai gantinya, Tomi mengincar grill bagian bawah Mitsubishi Xpander. Tomi memperbanyak ruang saluran udara di bagian ini dengan desain grill custom. Fog lamp bulat dihilangkan dan diganti dengan model HID. Modifikasi minor tersebut dianggap cukup mampu membuat tampilan Mitsubishi Xpander tampil beda.

Modifikasi lain yang juga dibuatkan dalam sketsa modifikasi virtual tersebut menyangkut sektor warna eksterior. Tomi mendesain dalam dua warna sebagai penguatan karakter sporty dan elegant. Bagi Anda yang menyukai tampilan ‘macho’, Tomi dapat mengubah eksterior menjadi hitam atau hijau Army. Sementara untuk desain modifikasi eksterior dengan kesan elegant dihadirkan berwarna biru, warna ini cocok bagi wanita.

Meskipun berbeda warna eksterior, Tomi tetap menambahkan tampilan grafis yang dapat disesuaikan dengan temanya yakni sporty dan elegant. Kemudahan lain yang ditawarkan Tomi, proses pengerjaan desain modifikasi Mitsubishi Xpander ini bisa mengandalkan digital printing atau jika ingin tampil lebih ‘wah’ ia menyarankan menggunakan cat airbrush.

Modifikasi virtual Mitsubishi Xpander ini memang dititikberatkan pada desain bumper depan dan warna eksterior sesuai tema modifikasi. Bukan berarti sektor lain tak disentuh. Velg dianjurkan Tomi untuk menggunakan ukuran R18, dengan model multiwheel.

Modifikasi virtual Mitsubishi Xpander bertema sporty.

“Velg R18 untuk Mitsubishi Xpander dirasa masih nyaman untuk digunakan harian. Sementara desain multiwheel dipilih untuk mempertegas sisi sportivitas sang MPV yang mengusung desain Dynamic Shield pada eksterior depannya ini,” tegas Tomi.

Jika melakukan ubahan pada velg, disarankan untuk melakukan penggantian pada perangkat suspensi. Pemakaian harian cukup ganti dengan suspensi aftermarket coilover yang cocok dengan Mitsubishi Xpander. Sedangkan penggila modifikasi dan kontes, bisa memilih perangkat suspensi udara atau air suspension. [nus/TA.com]

Share This

Share this post with your friends!