Pasar otomotif Indonesia semakin ramai. Hal ini bisa dilihat dari data yang dihimpun oleh Jurnalis otomotif yang tergabung dalam Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot). Berdasarkan catatan, guna keperluan penilaian Forwot Car of the Year (FCY) 2019, ada 36 mobil baru yang muncul sejak periode Agustus 2018 hingga Juli 2019.

“Jumlah itu lebih banyak dibandingkan 2018 yang hanya 23 mobil baru, dan 2017 hanya 32 mobil baru. Ini menunjukkan bahwa Indonesia masih menjadi pasar potensial kendaraan roda-empat,” ujar Ketua Umum Forwot, Indra Prabowo.

Indra Prabowo selaku Ketua Umum Forum Wartawan Otomotif Indonesia secara langsung menyerahkan thropy kepada pemenang FORWOT Car of The Year 2019, yakni Wuling Almaz dan diterima oleh Brian Gomgom selaku Media Relation Wuling Motors (PT. SGMW Motor Indonesia).

Kehadiran dua brand baru asal Tiongkok seperti Wuling Motors dan DFSK, terus menjadi perhatian. Selain mengedepankan soal harga lebih murah dari pabrikan Jepang, mobil-mobil Tiongkok tersebut juga dibekali sejumlah fitur canggih yang umumnya ada di mobil Jepang kelas premium. Hadirnya kedua merek tersebut juga tak sekadar menjajakan produk-produknya di pasar domestik, namun mereka juga mengekspor.

Tak sia-sia, salah satu produk dari Wuling Motors, yakni Wuling Almaz berhasil menyisihkan 36 nominasi penilaian Forwot Car of the Year 2019, dan mengalahkan 4 finalis lainnya, seperti DFSK Glory 560, Honda Brio, Mazda 3, dan Suzuki Jimny.

FCY 2019 memilih Wuling Almaz sebagai pemenangnya, karena mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) itu meraih penilaian tertinggi, yakni 159 poin. Posisi kedua ditempati Suzuki Jimny dengan 140 poin, DFSK Glory 560 mendapatkan 92 poin, Honda Brio 89 poin dan Mazda 380 poin.

“Terpilihnya Wuling Almaz sebagai Forwot Car of The Year (FCY) 2019 menjadi bukti dari kuatnya komitmen merek pendatang baru dalam menghadirkan kendaraan-kendaraan yang sesuai untuk kebutuhan konsumen di Indonesia,” tutur Indra.

Para finalis dan pemenang FORWOT Car and Motorcycle of the year 2019 bersama Ketua FORWOT Indonesia, Indra Prabowo dan Ketua Juri Forwot Car of The Year 2019, Jeffry Yanto Sudibyo.

Penilain tersebut dilakukan secara online yang mengacu pada Car of The Year Commite atau www.caroftheyear.org. Proses penilaian tersebut digunakan untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa, namun sudah disesuaikan dengan pasar Indonesia.

Ketua Juri FCY 2019 Jeffry Yanto Sudibyo, menjelaskan Wuling Almaz menjadi mobil bermerek asal Tiongkok pertama yang menjadi pemenang di Forwot Car of The Year. Selain itu Wuling menjadi brand kedua non-Jepang yang menggondol gelar Mobil Terbaik versi Forwot.

“Sebelumnya mobil asal Korea Selatan, Kia Carens menyandang Car of the Year di 2013. Soal Wuling Almaz bisa terpilih jadi FCY 2019 karena menurut penilaian para juri sudah memenuhi kebutuhan konsumen dengan fitur terlengkap di kelasnya, namun dengan harga jual yang terjangkau. WIND menjadi salah satu sorotan para juri,” kata Jeffry.

Penjurian tersebut dilakukan oleh 21 Jurnalis dari berbagai media yang merupakan anggota Forwot, tentu mereka memiliki kompetensi serta jam terbang tinggi. Tercatat ada 10 faktor utama yang menjadi penilaian penting di FCY 2019. Setiap juri memiliki 25 poin untuk memberi penilaian yang meliputi desain, kenyamanan, keamanan, nilai ekonomis, handling, performa, fungsional, keramahan lingkungan, pengalaman berkendara, dan harga yang tak kalah penting. [nus/TA.com]

Share This

Share this post with your friends!