Pendatang baru di industri otomotif Indonesia, PT. SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) cukup mengejutkan publik otomotif Tanah Air. Pasalnya, pabrikan mobil asal Cina ini memiliki jagoan MPV-nya, Wuling Confero yang ramai dibicarakan bakal menjadi alternatif pilihan masyarakat untuk berpaling dari MPV sejuta umat Toyota, yakni Toyota Avanza.

Secara model memang harus diakui Wuling Confero memiliki lekuk desain yang cukup baik. Meski masih terlihat sedikit kotak, namun ternyata kehadirannya bisa menarik perhatian penggila otomotif Indonesia. Termasuk Tomi Gunawan, pemilik bengkel Tomi Airbrush. Tak mau ketinggalan, ia pun ikut berbicara soal MPV murah asal Cina ini.

Menurut Tomi Gunawan, “secara konsep desain bodi, Wuling Confero masih memiliki guratan desain seperti mobil-mobil Jepang pada umumnya. Lekuk desainnya masih sangat memungkinkan untuk dimodifikasi,” ungkapnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Tomi Gunawan mencoba membuatkan desain modifikasi virtual pertama kali di dunia modifikasi untuk Wuling Confero. Tomi masih mengedepankan konsep mobil MPV yang tangguh dan bisa diandalkan keluarga di Indonesia. Artinya, melihat geografis Indonesia, Tomi berpikiran desain modifikasi Wuling Confero yang ia buat cocok untuk segala medan.

Karakter MPV yang tangguh di segala medan terlihat dari desain bentuk bumper depan yang dibuat Tomi tampak lebih kokoh. Benang merah dari konsep modifikasi Wuling Confero ini berbasis elegant dan sporty. Tomi, memberikan dua buah ide modifikasinya, dengan titik poin ubahan pada sektor bodi alias eksterior.

Modifikasi virtual Wuling Confero.

Guratan desain modifikasi virtual bumper masih mirip dengan bentuk aslinya, namun Tomi menyarankan penggantian lampu dengan model HID custom meyesuaikan desain modifikasinya. Semenetara itu, lekuk bumper depan juga diubah dengan dua pilihan desain modifikasi yang ditawarkan. Kedua desain modifikasi tersebut merupakan perpaduan konsep elegant dan sporty. Jika perlu penegasan lebih mendetail dalam hal ini, Tomi menawarkan modifikasi pada sisi interior dan variasi lainnya, namun tentunya diperlukan diskusi serius lebih lanjut.

“Kedua konsep modifikasi eksterior Wuling Confero tersebut masih bersifat sangat umum. Dimana basic konsep desainnya berupa komposisi elegant dan sporty. Jika diperlukan penegasan dari dua konsep tersebut, tentu yang saya tawarkan lainnya berupa aksesoris aftermarket lainnya dan berlanjut pada sisi interior. Tapi perlu diskusi lebih lanjut untuk hal ini,” demikian ditegaskan Tomi.

Pelengkap modifikasi eksterior lainnya berupa corak warna. Tomi membuat desain modifikasi ini dalam dua versi, merah dan biru. Keduanya dibuat dengan dasar cat airbrush. Konsep airbrush berupa striping bodi futuristik. Dengan model garis-garis tajam pada sisi mobilnya, membuat tampilan Wuling Confero semakin berkesan sporty.

Menyinggung soal sektor roda, Tomi menyarankan penggantian velg dengan model elegan, warna velg disesuaikan dengan striping bodinya. Ukuran ideal yang disarankan Tomi ada diangka R17 hingga R18, masih nyaman dipakai harian. Kecuali di medan kontes, pakai R19 pun masih berani.

Anda merasa masih ada banyak sisi dari MPV Cina, Wuling Confero yang belum tersentuh modifikasi? Silahkan datang ke bengkel Tomi Airbrush yang bermarkas Jalan Kebon Raya No. 103, Duri Kepa, Jakarta Barat, tepatnya di belakang Universitas Esa Unggul, untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai modifikasi virtual Wuling Confero atau lainnya. [nus/TA.com]

Share This

Share this post with your friends!