Honda Civic Type R kembali pecahkan rekor. Kali ini trek sirkuit Magny-Cours GP, di Perancis jadi saksinya. Honda Civic Type R melahap lap time 2 menit 1,51 detik, dengan demikian rekor ini merupakan prestasi kedua Honda Civic Type R setelah sebelumnya tercatat sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di Sirkuit Nürburgring, Jerman.

Pemecahan rekor kecepatan kali ini merupakan rangkaian dari “Type R Challenge 2018” di mana tim Honda Racing akan berusaha untuk memecahkan rekor kecepatan mobil berpenggerak roda depan pada 5 sirkuit ternama di Eropa.

Honda Civic Type R melahap lintasan Magny-Cours GP, di Perancis.

Diuji coba dalam keadaan standar oleh Esteban Guerrieri, pebalap WTCR yang juga berlaga di FIA World Touring Car Cup 2018 dengan Honda Civic TCR bersama tim Münnich Motorsport. Honda Civic Type R dilaju melintasi sirkuit Magny-Cours GP sejauh 4,4 km dengan kontur jalan berkelok-kelok, tikungan tajam dan jalan lurus.

Esteban Guerrieri.

Terkait dengan rekor baru tersebut, Esteban Guerreri berkomentar, “hal terbaik dari Civic Type R adalah ia mampu memberikan saya rasa percaya diri. Mobil ini sangat responsif dan memiliki handling maksimal. Orang-orang menyebut Honda Civic Type R sebagai mobil hatchback dengan performa mumpuni, dan hari ini kita telah membuktikan bahwa hal itu benar adanya, Honda Civic Type R terus menembus batas dari sebuah mobil berpenggerak roda depan.”

Selain itu, ia juga turut memberi komentar mengenai fleksibilitas Honda Civic Type R sebagai mobil yang cocok di jalanan dan lintasan balap. Guerreri menambahkan, “kelebihannya adalah kita dapat menggunakan +R mode saat mengendarainya di lintasan balap, kemudian beralih ke comfort mode saat pulang ke rumah.”

Sebelumnya, Honda mengadakan ajang yang serupa di tahun 2016 dengan membuat catatan waktu di trek Estoril, Hungaroring, Silverstone dan Spa-Francorchamps menggunakan Honda Civic Type R generasi sebelumnya. Memasuki tahun 2018, Honda bertujuan memecahkan rekor yang telah dicatat di empat sirkuit tersebut, termasuk rekor yang diraih di trek Magny-Cours.

Pebalap yang telah disiapkan untuk Type R Challenge 2018 berikutnya adalah Jenson Button, pebalap asal Inggris yang juga pernah menjadi juara Formula 1 World Champion dan kini menjadi pembalap NSX Super GT. Selain itu, pembalap lainnya turut berpartisipasi yakni pembalap WTCR Tiago Monteiro dari Portugal, bintang NSX Super GT Bertrand Baguette dari Belgia, dan bintang BTCC Matt Neal dari Inggris.

Generasi terbaru Honda Civic Type R mempertahankan karakter Honda sebagai hatchback dengan performa, akselerasi dan kecepatan tertinggi di kelasnya. Mobil yang memperoleh logo “H” berwarna merah ini merupakan generasi kesepuluh Honda Civic, yang didesain untuk memberikan pengalaman balap paling memuaskan baik di jalanan maupun lintasan balap. Honda Civic Type R memiliki struktur bodi yang ringan, kokoh, pusat gravitasi yang rendah, serta didukung dual-axis strut front suspension system yang mengurangi efek torque steer dan meningkatkan pengendalian di tikungan. [nus/TA.com]

Share This

Share this post with your friends!