Tugas dan perjuangan generasi muda bukan lagi soal maju berperang, mempertahankan kemerdekan. Tetapi tantangan terberatnya saat ini adalah bagaimana cara mengisi kemerdekaan Indonesia dengan ragam kreatifitas dan kegiatan positif yang membangun.

Banyak cara yang dapat dilakukan oleh setiap generasi muda dalam mengisi kemerdekaan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Seperti halnya yang dilakukan oleh Tomi Gunawan atau biasa dipanggil Tomi Airbrush. Sebagai builder modifikasi kendaraan, ia berusaha menularkan kreatifitasnya kepada generasi muda Indonesia yang berujung pada kemajuan sektor industri otomotif di Indonesia.

Proses pengemalan bodikit dilakukan langsung oleh Tomi Gunawan.

Banyak hal yang telah ia perbuat untuk mengisi kemerdekaan Indonesia. Beberapa yang terbaru diantaranya, di penghujung 2016, berangkat dari ide kreatif dan rasa Nasionalisme yang kuat, Tomi mencetuskan sebuah ide modifikasi pada Datsun Go Panca, bertema Persatuan Indonesia (PI). Berdasar dari ide ‘Indonesia Punya Cerita’, Datsun GO PI tersebut dibalut dengan grafis modifikasi airbrush yang menggambarkan karakteristik Bangsa Indonesia.

“Kami membuat modifikasi Datsun GO dengan tema Persatuan Indonesia. Ada penggambaran tentang sejarah bangsa dan simbol-simbol yang mencerminkan karakteristik Bangsa Indonesia. Tujuan kami sederhana, hanya ingin menyampaikan pesan kepada generasi bangsa masa kini untuk mengisi kemerdekaan secara positif dengan tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa. Kami menyebutnya Datsun GO PI,” ungkap Tomi.

Tomi Gunawan dan karyanya, Datsun GO PI.

Belum lama ini, didaulat sebagai juri dalam sebuah kompetisi desain yang diadakan oleh Chevrolet Indonesia dengan National Modification & Aftermarket Association (NMAA), semakin membuktikan sepak terjang Tomi dalam memberikan pengaruh kepada generasi muda untuk memiliki semangat Nasionalisme dan cinta Tanah Air melalui kreatifitasnya masing-masing. Tak hanya berkreasi di dunia airbrush, kemampuan mendesain yang dimilikinya juga diuji dalam hal penilaian dan merealisasikan karya desain pemenang pada mobil sesungguhnya yakni The All-New Chevrolet Spark.

Tomi mengungkapkan, karya desain pemenang kompetisi dari Chevrolet ini benar-benar sesuai tema dan menggambarkan kekayaan budaya dan alam Indonesia. Maka, dengan sepenuh hati ia menggarap modifikasi The All-New Chevrolet Spark sesuai dengan desain dari pemenang kompetisi.

Tomi Gunawan mewujudkan karya pemenang kompetisi desain Chevrolet Indonesia.

Semangatnya untuk berkarya dan memajukan sektor industri otomotif Indonesia, juga dibuktikan Tomi melalui ide kreatifnya membangun Rekor Otomotif Indonesia (ROI). Dengan latar belakang pesatnya perkembangan dunia otomotif di Indonesia yang tidak sejalan dengan banyaknya penghargaan dan apresiasi terhadap sejumlah karya kreatif dan inovatif yang dihasilkan anak bangsa di bidang otomotif.

Tomi Gunawan, saat menyerahkan penghargaan tertinggi ROI kepada Mercedes-Benz Indonesia, di ajang GIIAS 2017 lalu.

Berangkat dari kenyataan tersebut, Tomi berupaya untuk membuatkan wadah bagi insan otomotif untuk mengukuhkan karyanya di bidang otomotif. ROI adalah sebuah tolak ukur penghargaan paling bergengsi di bidang otomotif Indonesia.

Kami mengapresiasi kreativitas, usaha dan semua hasil karya di bidang otomotif yang tentunya dapat memacu pertumbuhan dan perkembangan dunia otomotif di Indonesia ke arah yang lebih maju. Dengan demikian, ke depan Indonesia semakin kokoh dan tak tertandingi, baik dari segi kualitas sumber daya manusia maupun perekonomian, khususnya dalam industri otomotiif. [nus/TA.com]

Share This

Share this post with your friends!