Diam-diam Jaguar telah membunuh alias stop produksi untuk Jaguar XJR 575 di Eropa. Pasalnya Jaguar XJR 575 sudah tak dapat diperjuangkan untuk memenuhi standar regulasi uji emisi atau World harmonised Light vehicle Testing Procedure (WLTP). Sehubungan dengan riset biaya yang tidak sebanding dengan penjualannya.

Langkah tersebut diambil setelah sebelumnya Jaguar Land Rover juga telah membunuh mesin bensin V6 supercharged 3.0 liter dari model XE S, XF S, Discovery Sport, Range Rover Sport, dan Range Rover Velar pada awal tahun ini.

Dengan demikian, kini di Eropa XJ hanya tersedia diesel V6 turbo 3.0 liter JLR. Dan ini untuk kali pertama seri XJ tidak didampingi dengan mesin bensin di pasar otomotif Eropa.

Foto : Istimewa.

Pihak Jaguar memastikan bahwa diskontinyu Jaguar XJR 575 yang baru dirilis tahun lalu hanya untuk pasar Eropa. Artinya Jaguar XJR 575 masih akan tersedia untuk pasar Amerika Serikat. Imbas regulasi emisi tersebut tidak hanya berdampak pada pabrikan Jaguar saja, lebih dulu ada Volkswagen Golf GTI manual dan BMW M3 juga telah dihapus dari pasar Eropa. [nus/TA.com]

Share This

Share this post with your friends!