Dewasa ini semakin marak sepeda dengan bobot yang sangat ringan. Tak hanya untuk keperluan kompetisi, bagi penghobi pun, modifikasi sepeda menjadi hal yang lazim dilakukan untuk menunjang gengsi dan kepuasan. Selain rangka, salah satu modifikasi yang kerap dilakukan oleh para profesional ataupun penghobi sepeda adalah velg. Tujuannya sama, yakni membuat bobotnya lebih ringan dari pada yang sebenarnya.

Wheelset atau komponen roda kerap dimodifikasi demi mendapatkan bobot yang paling ringan. Banyak para penghobi atau profesional seperti pebalap sepeda, mengeset ulang komponen roda, dengan maksud mengejar performa dan disesuaikan dengan selera juga fungsinya. Velg menjadi salah satu komponen roda yang juga menentukan performa sepeda, baik itu sepeda balap (road bike) maupun sepeda gunung (mountain bike).

Tomi Airbrush melayani repair velg sepeda carbon.

Velg berbahan carbon menjadi salah satu pilihan untuk membuat membuat bobot sepeda menjadi lebih ringan. Meskipun sebenarnya bobot ringan velg tak hanya ditentukan oleh bahannya, tapi juga dinding velg, ada yang single ataupun double. Single bukan berarti juga menjadi lebih ringan, tergantung ketebalan lapisannya. Adakalanya dinding velg double memiliki kekuatan lebih baik dan tentu Anda harus menebusnya dengan harga yang lebih mahal. Pada dasarnya velg sepeda jenis ini berfungsi lebih aerodinamis, terutama pada velg dengan jumlah lubang spoke yang jarang.

Nah, ada hal penting yang harus Anda ketahui. Jika velg sepeda Anda mengalami kerusakan, terutama untuk yang berbahan carbon, jangan lantas Anda berpikiran untuk segera mengganti salah satu komponen roda tersebut dengan yang baru, bawa saja ke bengkel modifikasi Tomi Airbrush. Di bengkel yang juga terkenal dengan modifikasi kendaraan ini, kini mampu mengatasi beragam problema kerusakan pada sepeda. Mulai dari reparasi rangka, velg carbon hingga modifikasinya.

Velg sepeda carbon yang penyok.

Belum lama ini, Tomi Gunawan, pemilik bengkel Tomi Airbrush, baru saja menyelesaikan pekerjaan reparasi velg sepeda carbon. Kerusakan terjadi pada dinding velg yang bergelombang alias penyok. Menurutnya, dalam proses reparasi velg carbon sepeda diperlukan ketelitian guna mengembalikan performanya seperti sedia kala.

Velg sepeda berbahan carbon setelah melewati proses reparasi.

Lebih lanjut Tomi menambahkan, “proses reparasi velg sepeda carbon memerlukan waktu satu hingga dua minggu, tergantung dari pada tingkat kerusakannya.” Bila Anda membutuhkan informasi mengenai reparasi sepeda, reparasi velg, ataupun modifikasi sepeda, silahkan konsultasi dengan menghubunginya di nomor +62815 86700 800. [nus/TA.com]

Share This

Share this post with your friends!