Kehadiran Toyota All New Avanza dan Toyota All New Veloz, beberapa pekan lalu (10/11), cukup mengejutkan, tidak hanya bagi para penggila otomotif di Indonesia, Tapi juga para builder ataupun modifikator di Tanah Air. Bukan hanya perubahan pada roda penggerak yang kini menjadi di depan, namun juga tampangnya yang memiliki desain futuristik khas mobil-mobil masa kini.

Toyota All New Veloz tidak lagi menjadi bagian dari Toyota Avanza, dalam arti tidak menjadi seri tertinggi dari Toyota Avanza. Namun Toyota All New Veloz akan berdiri sebagai brand sendiri yang produksinya ditangani langsung oleh PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Pada kesempatan kali ini, kami tidak akan membahas detail mengenai kehadiran Toyota All New Avanza dan Toyota All New Veloz di tengah industri otomotif Indonesia. Melainkan, bagaimana jika para builder atau modifikator memandang dua mobil “jagoan” Toyota tersebut untuk mendapat sentuhan modifikasi.

Tomi Airbrush langsung tertarik membuat desain modifikasi virtual Toyota All New Veloz, bekerjasama dengan Autovanoz. Alhasil, ada dua desain modifikasi virtual dengan konsep yang berbeda untuk referensi modifikasi bagi para penggila modifikasi yang juga pemilik Toyota All New Veloz.

Tomi Gunawan dari bengkel Tomi Airbrush bersama tim Autovanoz meramu desain modifikasi virtual yang pertama untuk MPV sejuta umat ini berkonsep sporty. “Kami mengambil tema sporty untuk membidik bagi para penggila modifikasi dengan konsep yang simpel dan mobil masih dapat digunakan untuk kebutuhan harian,” ujar Tomi.

Konsep sporty yang dibuat terinspirasi dari warna atau livery mobil-mobil balap Toyota Team Indonesia (TTI), yakni ada merah, putih dan hitam, yang melambangkan imej sportifitas dan keberanian,

Jika diadopsi pada eksterior Toyota All New Veloz, Tomi menyarankan menggunakan modifikasi cutting sticker, selain lebih cepat dalam proses pengerjaannya, juga mudah diubah jika sewaktu-waktu pemilik menginginkan modifikasi eksterior dengan desain atau konsep lain.

Tak ada penambahan pada bodikit dari sang Veloz, hanya saja pada desain modifikasi tersebut tampak grill bagian bawah dibuat tertutup dengan blok warna hitam, kemudian terlihat pula garis putih tegas pada sisi list rumah fog lamp-nya.

Mempertegas eksistensi sang Veloz, tampak logo Toyota berukuran besar “nongkrong” di sisi samping kanan dan kiri tepatnya di bagian pintu depan. Ditambahkan oleh Tomi, “khusus logo ini bisa disesuaikan dengan keinginan pemilik mobil nantinya jika diterapkan pada Toyota All New Veloz sesungguhnya,” tukasnya.

Mengenai sektor kaki-kaki, velg berkarakter tegas dengan model bintang jadi pilihan untuk memperkuat konsep modifikasinya. Tentu balutan warna putih pada velg bertujuan untuk mengangkat tampilan modifikasi pada sektor rodanya.

Diameter atau ukuran velg maksimal bermain di ring 18 inci, pemilihan besar ukuran velg ini dianggap masih mumpuni untuk pemakaian harian. Cara lain yang juga dituangkan dalam ide modifikasi tersebut, Tomi memilih ubahan kaki-kaki dengan gaya “ceper” khas anak muda. Sementara ban tentunya disesuaikan dengan ukuran velgnya, baiknya dengan profil yang tipis dan tapak lebar. [nus/TA.com]