Pameran Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 bukan sekedar pameran mobil-mobil “keren” dan keluaran terbaru saja. Namun ada juga acara seru lainnya yang berbalutkan pesan pengetahuan seputar kehidupan otomotif Indonesia.

Salah satunya datang dari booth Indonesian Off-Road Federation (IOF), beberapa rangkaian acara gelaran IOF turut menyertakan komunitas Suzuki Jip Indonesia (SJI) yang ikut konvoi dalam rangkaian kegiatan IOF. Selain itu, didukung pula oleh PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), komunitas SJI melakukan “Simulasi Pertolongan pada Kecelakaan”.

Suzuki New Carry karoseri Ambulan.

Sejatinya komunitas SJI memiliki tim Rescue Peduli, yang tidak hanya siap membantu pertolongan internal pada komunitasnya saja, namun juga kepada masyarakat umum yang membutuhkan.

Dalam simulasi tersebut, SJI mengambil rekayasa cerita sebuah mobil yang sedang mengalami kecelakaan, dan ditolong oleh tim Rescue SJI. Setelah mempraktekan cara pertolongan dengan diawali memagari lokasi kejadian agar steril, pengecekan atau pengamanan kendaraan guna menghindari resiko kendaraan bergerak. Kemudian puncaknya adalah tim Rescue SJI mempraktekan cara melakukan evakuasi korban, yang berhubungan dengan beberapa tindakan medis saat memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan.

Simulasi Pertolongan pada Kecelakaan persembahan Suzuki Jip Indonesia (SJI) dan Indonesian Off-Road Federation (IOF).

Salah satu bentuk dukungan yang diberikan PT. SIS, diantaranya memberikan satu unit Suzuki New Carry yang sudah berbentuk karoseri Ambulan. Jadi skenario terakhir dalam simulasi tersebut, “korban” kecelakaan dimasukan ke dalam mobil ambulan Suzuki New Carry.

Hal ini sekaligus menegaskan, Suzuki New Carry sebagai kendaran niaga terbaru keluaran Suzuki, mampu memenuhi berbagai model mobil niaga. Tidak hanya pick up, namun melalui karoseri Suzuki New Carry juga dapat diubah bentuk menjadi mobil box, Angkutan Kota, Mobil Toko (Moko), hingga mobil Ambulan. [nus/TA.com]