Banjir yang melanda sebagian Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek), di pembuka 2020 ini tentu mengejutkan semua pihak terlebih para korban yang terkena imbas langsung bencana banjir tersebut. Menurut beberapa cerita warga yang ditemui pasca banjir di kawasan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi, Ivan, menyatakan, “proses air meluap begitu cepat, tak sampai 15 menit, air sudah bergerak menggenag seluruh komplek hingga sepinggang orang dewasa”, ungkapnya.

Hal itu ditambah dengan ada bagian tanggul yang jebol. Sehingga pergerakan air semakin cepat, dan dalam waktu singkat air kali sudah menggenang hingga pinggang orang dewasa di lantai dua rumah warga RT 1 RW 9.

Nah, dalam situasi seperti itu seringkali kepanikan warga terjadi. Bukan hanya menyelamatkan keluarga saja, barang-barang, dan kendaraan turut menjadi target yang wajib dievakuasi. Lalu lintas keluar komplek pun menjadi crowded, pasalnya, setiap orang pasti ingin duluan menyelamatkan kendaraannya.

Belajar dari situasi di kawasan Pondok Gede Permai (PGP) dan Villa Nusah Indah, Jatiasih-Jatirasa, Bekasi, banyak kendaraan baik itu roda dua ataupun mobil yang terendam. Beberapa warga mengatakan terpaksa meninggalkan mobilnya karena sudah terjebak air yang semakin meninggi.

Pasca banjir di kawasan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi (3/1).

Dalam situasi darurat terjebak banjir, jika air sudah mendekat pintu mobil bagian bawah, dan masuk lantai kabin, ada beberapa tips yang wajib Anda ketahui. Jangan pernah keluar kendaraan atau mobil melalui pintu. Pasalnya, pintu akan sulit terbuka jika air sudah mencapai pintu dan masuk kabin, karena dorongan arus tekanan air dari luar. Bila dipaksakan pintu mobil berakibat rusak.

Seperti dikutip dari artikel DetikOto, cara terbaik adalah keluar dengan membuka kaca secara perlahan dan segeralah keluar dari dalam kabin mobil. Hal ini juga disampaikan oleh Instruktur Rifat Drive Labs, Erreza Hardian. [nus/TA.com]