Sepeda gunung atau lebih akrab juga dikenal mountain bike (MTB), bukan hal baru bagi para penggila sepeda. Untuk generasi milenial, pendominasi tren sepeda saat ini, sepeda gunung sudah mereka kenal sejak masa kanak-kanak.

Ada beberapa model sepeda gunung diantaranya yang dikategorikan berdasarkan pada suspensinya. Seperti hardtail, model ini disebut juga single-suspension / satu suspensi, terletak pada fork depan. Sepeda MTB hardtail biasanya lebih murah, namun MTB hardtail dengan merek berkelas juga bisa mahal.

Model lainnya ada softail. Model ini memiliki suspensi dobel, terletak pada fork depan dan frame tengah. Fungsi dari pada suspensi belakang yang berada tepat di bawah dudukan sepeda adalah tak lain untuk meredam tekanan yang diterima roda belakang. Keunggulan dual suspension ini sepeda jadi lebih stabil dan lembut untuk menantang guncangan.

Gambar : unitedbike.com/id

Berikutnya ada sepeda MTB model rigid atau tanpa suspensi. Model ini lebih sulit ditemui, karena sudah tak banyak pabrikan yang memproduksinya. Banyak orang yang memilih sepeda ini karena alasan hanya sekedar untuk kesenangan saja. Tugas suspensi pada sepeda MTB model rigid biasanya digantikan dengan ban-ban yang berukuran lebar dan besar. Fungsi utamanya tetap sebagai penahan guncangan dan hantaman pengganti suspensi.

Nah, jika Anda ingin punya sepeda gunung yang unik. Bisa dengan cara merakit sendiri dan memodifikasinya. Ada banyak bengkel yang bisa merakit, salah satunya bengkel modifikasi yang sudah berkiprah di dunia otomotif puluhan tahun, Tomi Airbrush. Bengkel ini juga memiliki pelanggan tersendiri untuk sepeda. Mulai dari custom atau modifikasi rangka, velg, repair / perbaikan frame stainless, aluminium hingga frame carbon sekalipun, dan lain sebagainya.

Tak jarang pula orang datang ingin merakit sekaligus memodifikasinya dengan warna berbeda, seperti repaint ataupun airbrush. Ada beberapa saran yang disampaikan Tomi Gunawan, sang builder, ketika pelanggan hendak merakit atau memodifikasi sepeda MTB. Biasanya Tomi akan tanyakan peruntukannya, jika memang untuk keperluan olah raga esktrim, maka sudah pasti Tomi akan menyarankan untuk menggunakan parts yang kuat dan berkualitas, dengan daya tahan atau durability terbaik.

Tetapi semua dikembalikan kepada Anda. Menurut Tomi, “soal perakitan dan modifikasi sepeda semua bergantung dari pada kebutuhan dan budget customer. Kami juga bisa menawarkan dengan spesifikasi yang biasa-biasa saja, dengan catatan, sepeda MTB tersebut hanya untuk keperluan menikmati pemandangan dan medan yang biasa saja bukan medan-medan ekstrim.”

Ditegaskan oleh Tomi, pada intinya Anda bisa memilih dan beraktivitas dengan hobi Anda sesuai kemampuan dan bengkel Tomi Airbrush mengupayakan untuk hasil yang maksimal. Silahkan kontak nomor ini 0815 86 700 800 atau +62 812 9051 665untuk konsultasi gratis. [nus/TA.com]