Suzuki Global baru saja meluncurkan produk hyperbike terbarunya, Suzuki All New Hayabusa 2021, secara virtual pada Jumat (5/2) kemarin. Hyperbike terbaru Hayabusa ini merupakan generasi ketiga, yang rencananya akan di jual ke seluruh penjuru dunia.

Ada perubahan model pada Suzuki All New Hayabusa terbaru ini, setelah 13 tahun. Di bawah konsep produk “Ultimate Sport“, yang diwarisi dari generasi pertama, ia telah mengembangkan lebih jauh desain gaya unik dengan performa aerodinamis yang luar biasa dan performa berkendara yang superior.

Desain gaya baru dan ikonik, yang langsung dikenali sebagai Hayabusa, memiliki siluet mengalir, miring ke depan, dan agresif yang dicirikan oleh permukaannya yang berani dengan garis-garis tajam dan edgy. Bodi hadir dengan warna two-tone dengan mengadopsi warna berbeda untuk bodi utama dan bagian kecil di sekitar intake udara depan, di penutup mesin samping, dan di bagian belakang. Sinyal belok dengan lampu posisi built-in yang ditempatkan di tepi luar intake udara diadopsi oleh sepeda motor Suzuki untuk pertama kalinya.

Mesin empat silinder segaris 1.340 CC dilengkapi sistem throttle elektronik ride-by-wire dan mekanisme intake dan exhaust yang direvisi untuk meningkatkan output dan torsi dalam kisaran kecepatan rendah hingga menengah. Ini memenuhi standar emisi Euro5 (untuk spesifikasi Eropa) yang diperkenalkan pada sepeda motor baru yang dijual di Eropa mulai tahun 2020 sambil mempertahankan kinerja terbaiknya dalam kisaran kecepatan tinggi dengan mengejar kinerja aerodinamis tingkat atas.

Suzuki Intelligent Ride System (S.I.R.S.) yang baru dipasang memiliki fitur SDMS-a, yang membantu pengendara memilih pola yang telah diatur sebelumnya pada 5 sistem kontrol elektronik yang berbeda termasuk Power Mode Selector, Traction Control, Engine Brake Control, dan 2 kontrol lainnya. S.I.R.S. juga dilengkapi dengan Active Speed Limiter, yang merupakan adaptasi pertama untuk model produksi di industri sepeda motor. Fitur tersebut dapat dimanfaatkan pengendara mengunci kecepatan pada batas tertentu dan tidak akan dilampaui.

Berbagai pilihan mode ditawarkan untuk setiap sistem kontrol elektronik agar lebih sesuai dengan berbagai adegan berkendara dari city riding hingga touring, balapan, dan lebih baik dalam melayani preferensi dan tingkat keahlian pengendara. [nus/TA.com]