BMW Group Indonesia mengumumkan milestone terbarunya berupa kerjasama dengan perusahaan penyedia furnitur lokal untuk Retail Touch Point BMW Group Indonesia. Langkah ini sebagai wujud komitmen BMW Group Indonesia guna memberikan pengalaman premium terbaik bagi pelanggannya. Program BMW Future Retail merupakan strategi jangka panjang dari BMW Group yang fokus pada investasi di bidang sumber daya manusia, infrastruktur serta platform digital untuk menghadirkan Premium Retail Experience kepada pelanggan BMW khususnya dalam proses jual-beli kendaraan dari BMW Group Indonesia.

“Inovasi selalu merupakan inti dari inisiatif BMW Group, termasuk dalam menghadirkan pengalaman terbaik untuk konsumen. Implementasi Program Future Retail dimulai sejak 2014, dimana saat itu BMW Group menyadari bahwa perkembangan zaman telah merubah cara pengambilan keputusan pelanggan saat melakukan pembelian kendaraan. Untuk itu secara bertahap BMW Group melakukan perubahan pada proses penjualan retail kendaraan dengan melakukan pelatihan intensif pada sumber daya, peningkatan infrastruktur, dan juga penyediaan platform digital yang dibutuhkan pelanggan dan penggemar setia BMW,” ujar

Karen Lim, President Director BMW Group Indonesia.

.Jumlah biaya investasi yang dikeluarkan BMW Group Indonesia sejak 2014 kepada mitra strategisnya bernilai lebih dari Rp. 255 miliar, untuk BMW dan Mini. Pelatihan intensif pada sumber daya manusia menjadi pilar penting dari program ini. Solusi ini menciptakan Business Consultant dan Product Genius yang memberikan solusi atas isu yang dimiliki oleh pelanggan dengan pengetahuan yang mendalam dalam aspek brand, produk, dan pelayanan pelanggan di setiap touchpoint BMW Group Indonesia. Penyediaan platform digital juga menjadi salah satu aspek penting di era keterbukaan informasi.

“Kami telah menyediakan fitur online yang memudahkan konsumen untuk mendapatkan seluruh informasi yang dibutuhkan, saat ini dan pada masa yang akan datang, seperti fitur Car Visualizer, My Garage, atau Online Technical Update yang diluncurkan bertahap mulai 2017 ini,” ungkap Karen.

(kiri ke kanan) Andreas Kamdani, Factory Director PT Matahari Alka, Karen Lim, President Director BMW Group Indonesia, dan Irhan Farhan, Head of Sales Channel Development BMW Group Indonesia berfoto didepan Isetta Bar, salah satu contoh produk furnitur produksi PT Matahari Alka untuk BMW Group Indonesia.

Pilar penting lainnya dari program ini yakni peningkatan infrastruktur untuk hadirkan pengalaman brand dan pelayanan terbaik kepada pelanggan yang datang ke jaringan dealer resmi BMW Indonesia. Penggunaan material dan penempatan furnitur yang tepat menjadi salah satu poin penting untuk hadirkan impresi yang kuat dan tingkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand dan produknya. Untuk memastikan hal tersebut BMW Group Indonesia berkolaborasi dengan PT. Matahari Alka (MALKA) dalam mewujudkan hal tersebut.

“Kolaborasi ini jadikan BMW Group Indonesia dan MALKA sebagai mitra dalam implementasi salah satu pilar dari Program BMW Group Future Retail. Kami percaya bahwa dengan portfolio MALKA sebagai salah satu penyedia furnitur dengan kualitas terbaik di Indonesia, kerja sama ini dapat mendukung langkah strategis BMW Group Indonesia untuk hadirkan showroom yang memenuhi standar internasional BMW Group serta hadirkan pelayanan premium yang semakin dekat kepada para pelanggan kami di Indonesia,” ujar Karen. [nus/TA.com]