Musim Mudik Lebaran 2019 sudah semakin dekat, banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H mendatang. Salah satu yang umumnya dipersiapkan masyarakat yakni kendaraan, mulai dari servis, ganti oli hingga penggantian parts yang diangap sudah tak layak.

Nah guys, setelah kendaraan, kita juga wajib memperhatikan kondisi fisik dan kesehatan kita sendiri, terlebih bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan jauh alias mudik untuk merayakan Hari Lebaran 2019 nanti.

Foto : Ilustrasi.

Meski pada dasarnya pihak Kepolisian dan Pemerintah menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan jauh atau mudik Lebaran dengan roda dua, namun banyak juga masyarakat yang tetap memilih roda dua sebagai transportasi menuju kampung halamannya. Selain praktis dan murah, motor yang dibawa mudik juga bisa menjadi sarana transportasi di daerahnya saat hari raya.

PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg., sebagai salah satu Agen Pemegang Merk (APM) roda dua di Tanah Air, memberikan beberapa tips aman berkendara jarak jauh bagi Anda yang ingin mudik Lebaran nanti. [nus/TA.com]

Berikut beberapa hal yang dianjurkan Yamaha Indonesia :

1. Lakukan pemeriksaan sepeda motor seperti pengecekan oli, tekanan ban, kelistrikan dan fungsi rem.

2. Istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan bergizi agar konsentrasi berkendara terjaga baik. Disarankan berangkat pagi hari karena kondisi badan lebih fit dan fokus di jalan. Sedangkan kalau berangkat di malam hari bukan jam ideal berkendara karena merupakan jam biologis manusia untuk istirahat / tidur.

3. Berkendara tidak lebih dari dua jam tanpa istirahat agar tetap konsentrasi di jalan. Gunakan tempat istirahat yang disediakan.

4. Jangan berkendara lebih dari dua orang dan jangan membawa barang berlebihan untuk menjaga safety saat berkendara di jalan.

5. Siapkan jas hujan. Gunakan sepatu yang menutupi mata kaki, helm full face SNI dan body protector, jaket dan celana panjang berbahan yang tebal, sarung tangan.

6. Buat perencanaan berkendara dan cek rute terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi mengenai rute yang aman dan karakter jalan yang dilalui.