Bagi Anda yang tak biasa menggunakan kendaraan roda dua dengan perangkat pengereman Anti-lock Braking System (ABS), tentunya sempat terpikir, betapa sulitnya perawatan motor tersebut dibandingkan dengan motor dengan rem non ABS. Terlebih perangkat connected ABS, seperti yang ada pada motor matic Yamaha All New NMAX 155 Connected ABS.

Pada dasarnya motor non ABS dengan motor yang dilengkapi dengan Connected ABS sama mudahnya dalam hal perawatan. Anda bisa lakukan pengecekan rutin beberapa komponen-komponen pendukungnya, agar pengereman maksimal. Seperti yang disampaikan oleh Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg., “Sistem pengereman dengan teknologi ABS merupakan salah satu fitur yang penting dalam mendukung kesalamatan berkendara konsumen. Karena fitur ini berfungsi untuk mencegah kedua roda terkunci dan kehilangan traksi saat sedang melakukan rem mendadak atau hard braking, sehingga motor pun akan lebih mudah untuk di kendalikan. Agar sistem pengereman ABS ini dapat berfungsi secara optimal, konsumen juga disarankan untuk rutin mengecek kondisi komponen rem ABS dan pendukug lainnya, agar kegiatan berkendara semakin menyenangkan.”

Ia juga menyampaikan ada beberapa cara simpel untuk perawatan dan pengecekan rem Connected ABS. Selalu pastikan kondisi minya rem, pastikan volume minyak rem pada tabung reservoir jangan sampai kurang dari batas yang ditentukan pabrikan. Selanjutnya, pastikan kanvas rem, karena piranti ini memiliki tugas vital, yakni menjepit piringan cakram dibantu kaliper saat pengereman berlangsung.

Kondisi selang rem juga harus diperhatikan. Selang rem memiliki fungsi yang tak kalah penting, karena melalui selang ini, minyak rem akan mendorong kaliper secara hidrolik untuk menekan piringan cakram. Karena berbagai sebab, masalah pada selang rem bisa saja terjadi, seperti retak, bocor, hingga tertekuk, adalah beberapa contoh kemungkinan yang dapat terjadi. Jika pengendara tidak merawatnya dengan baik, akan berimbas kepada sistem pengereman yang tidak maksimal.

Bersihkan kaliper dan cakram rem dari debu, kotoran tanah yang menumpuk dan berkerak, minyak, dan lain sebagainya. Jangan lupa cek juga proses pemasangannya dan pastikan komponen tersebut dalam kondisi rigid dan tidak kendor. Karena jika kondisinya goyang atau bergetar, maka komponen-komponen tersebut sangat rentan saling bergesekan dan menyebabkannya cepat aus sehingga perlu diganti.

Pada beberapa motor seperti Yamaha All New NMAX 155 Connected ABS, terdapat lampu indikator ABS di bagian speedometer. Fungsi dari kehadirannya adalah untuk memberikan notifikasi kepada pengendara, terkait kondisi peranti ABS yang tertanam pada motor.

Jika lampu indikator tersebut menyala selama motor dikendarai, artinya telah terjadi malfungsi pada sistem pengereman ABS. Dalam kondisi ini, pemilik kendaraan sangat disarankan untuk segera membawa motor ke bengkel resmi terdekat. [nus/TA.com]