BMW mencatatkan salah satu momen terpentingnya di 2017. Kemarin (12/7) di Jakarta, PT. BMW Indonesia meluncurkan salah satu sedan bisnis tersukses di dunia, BMW Seri 5. Istimewanya lagi, BMW Seri 5 ini merupakan rakitan lokal di BMW Production Network 2, PT. Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara.

All-new BMW Seri 5 ini dihadirkan dengan dua varian yakni All-new BMW 530i Luxury Line yang dirakit secara lokal dan All-new BMW 530i M Sport.

“Peluncuran all-new BMW Seri 5 adalah salah satu momen terpenting di tahun 2017 bagi BMW Indonesia. BMW Seri 5 sendiri merupakan satu diantara model paling sukses di dunia, termasuk di Indonesia. BMW Seri 5 adalah kendaraan sempurna dengan atribut lengkap, baik dari segi inovasi teknologi, desain, kedinamisan dan kenikmatan berkendara. Semuanya menjadikan BMW Seri 5 sedan bisnis terlaris dunia dengan membukukan total penjualan sebesar 7,9 juta unit sejak pertama kali diluncurkan di tahun 1972,” ungkap Karen Lim, President Director BMW Group Indonesia.

Karen Lim, President Director BMW Group Indonesia.

All-new BMW Seri 5 merupakan sedan bisnis dengan inovasi teknologi terdepan, kedinamisan sempurna, fitur sistem asistensi berkendara, konektivitas tak tertandingi, serta sistem operasi dengan tampilan terbaru. Fitur-fitur penting mulai dari sistem iDrive 6.0, layar sentuh 10.25 inci dengan antarmuka pengguna paling baru, dan ragam fitur berkendara terbaik.

Eksterior dan interior
All-new BMW 530i Luxury Line tampil eksklusif. Dengan tampilan berkelas sedan ini diengkapi fitur-fitur seperti Active Air Stream Chrome Kidney Grille bars, Air Breathers dan tuas pintu dengan balutan alumunium strip, kemudian silincer dobel model bulat, seta fender yang dilengkapi panel bertuliskan “LuxuryLine”.

Sementara All-new BMW Seri 5 M Sport, dihadirkan lebih maskulin dan sporty. Dilengkapi black-chrome stripes, velg ringan 18 inci, suspensi rendah khas BMW M Sport, serta duo silincer sport dengan model persegi. Untuk kabin BMW 530i M Sport dipersenjatai dengan jok kulit berlapis Alcantara dan desain setir kemudi M Sport terbaru. Lainnya ada trim interior dan pedal berbahan aluminium.

Mesin
Seluruh All-new BMW 530i hadir dengan mesin bensin BMW TwinPower Turbo empat silinder dengan double VANOS, High Precision Injection, inovasi BMW EfficientDynamics dan mampu menghasilkan output sebesar 252 dk dengan torsi puncak 350 Nm. Dengan transmisi otomatis Steptronic delapan percepatan, All-new BMW 530i dapat melesat dari 0 ke 100 km/h dalam waktu 6.2 detik.

Kendaraan ini juga memiliki efisiensi bahan bakar tingkat tinggi dan ramah lingkungan dengan konsumsi bahan bakar 18.2 km per liter dan emisi karbon dioksida 126 g/km (menurut siklus tes UN ECE). Transmisi yang terhubung dengan global positioning system dan Fitur Auto Start Stop kini juga telah menyesuaikan responnya dengan kondisi rute dan lalu lintas sehingga memberikan kenyamanan lebih sepanjang perjalanan.

Fitur Otonom
All-new BMW Seri 5 juga telah dipersenjatai dengan fitur standar berteknologi maju. Diantaranya ada sistem asistensi parkir pintar berupa Park Assist dan Rear View Camera. Fitur Park Assist ini dapat mempermudah pengendara menemukan ruang parkir potensial di area parkir dengan kecepatan di bawah 33 km/jam dan berjarak 1,5 meter dari kendaraan.

Bila ruang parkir telah diketemukan, pengendara cukup menekan tombol Park Assist di konsol tengah dan self-parking pun dimulai dengan kontrol penuh pada pedal gas, rem dan tuas transmisi.

Manuver mundur dan parkir menjadi lebih mudah dengan Rear View Camera yang menampilkan kondisi real-time dengan garis interaktif, kamera dan layar high-definition. Seluruh proses tersebut dapat dipantau melalui control view di panel tengah.

Foto bersama All-new BMW 530i Luxury.

Fitur lainnya
Fitur-fitur berteknologi canggih lainnya yang ada pada All-new BMW Seri 5 berupa sistem iDrive 6.0, sebagai fitur navigasi, komunikasi dan hiburan dengan layar sentuh berukuran 10,25 inci. Fitur ini dapat dikendalikan via iDrive Controller, perintah suara, layar sentuh, atau BMW Gesture Control.

Memaksimalkan kenyamanan, ada pula ruang penyimpanan yang lebih banyak, ruang kaki lebih luas bagi penumpang belakang, dan rear seat entertainment, berguna untuk penumpang mengendalikan fungsi informasi dan hiburan dengan pelengkap layar independen 10,2 inci. Kursi depan juga dapat dikendalikan dengan panel elektrik, dan sistem pendingin kabin mengadopsi sistem empat zona dengan ionisasi dan terintegrasi dengan Ambient Air Package yang baru pertama kali diperkenalkan pada All-new BMW Seri 7.

Salah satu inovasi yang menggarisbawahi keunggulan All-new BMW Seri 5 dikelasnya adalah BMW Display Key. BMW Display Key tawarkan ragam fungsi tambahan dan unik di segmen ini.

Harga
All-new BMW Seri 5 akan tersedia di semua diler resmi BMW mulai Agustus 2017. Varian All-new BMW 530i Luxury Line rakitan Indonesia akan ditawarkan dengan harga Rp. 1.149.000.000,- off the road. Sedangkan varian All-new BMW 530i M Sport akan ditawarkan dengan harga Rp. 1.379.000.000,- off the road. [nus/TA.com]