Max Verstappen berhasil menang di ajang balap F1 Austrian Gran Prix 2019 berkat Power Unit Honda RA619H di mobil balap Aston Martin Red Bull Racing. Ini menjadi kemenangan perdana Honda di era mesin turbo hybrid di arena F1. Kemenangan ini juga sekaligus merupakan kemenangan pertama Honda sejak Grand Prix Hungaria tahun 2006.

Pada kesempatan tersebut, Takahiro Hachigo sebagai Chief Executive Officer (COO) Honda Motor Co., Ltd. mengatakan pendapatnya yang berarti demikian, “merupakan sebuah kebanggaan bagi kami untuk kembali memenangkan ajang Formula One (F1), terutama setelah perjalanan yang tidak mudah sejak kami kembali berpartispasi di F1 pada tahun 2015. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Max Verstappen dan Aston Martin Red Bull Racing atas kemenangan ini. Selain itu, kami juga perlu berterima kasih pada Scuderia Toro Rosso dan semua pebalap yang telah mendukung kami, termasuk para pemasok dan lainnya.”

Foto : Istimewa.

Takahiro Hachigo juga berkata yang dapat diartikan sebagai berikut, “saya ingin berterima kasih kepada para fans. Dengan dukungan mereka, kami akan terus menghadapi berbagai tantangan untuk meraih kemenangan di kejuaraan kelas dunia, dimulai dari kemenangan pada hari ini.”

Pada musim balap tahun 2019 ini, tim Red Bull Honda telah berhasil mengumpulkan 169 poin dari sembilan balapan yang sudah berlangsung. Prestasi tim Red Bull Honda di musim 2019 ini meliputi satu kali kemenangan di GP Austria, dua finish podium di GP Australia dan GP Spanyol, tiga kali catatan putaran tercepat (fastest lap) di GP China, GP Monaco dan GP Austria serta satu kali start dari barisan terdepan yakni di GP Austria. Balapan musim 2019 masih menyisakan dua belas balapan lagi. [nus/TA.com]