Dewasa ini makin banyak wanita yang menggunanakan roda dua sebagai alat transportasi untuk mendukung beragam aktivitas hingga pekerjaannya. Kebanyakan para wanita memilih motor matic sebagai tunggangan andalannya. Namun sama halnya dengan kaum pria, kaum hawa pun wajib memperhatikan keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Karena hal tersebut selain bermanfaat untuk diri sendiri, sudah tentu memiliki dampak baik bagi pengguna jalan lainnya.

Ada beberapa tips yang patut diperhatikan dalam berkendara, seperti yang disampaikan dari Yamaha Riding Academy (YRA). Hal tersebut juga menjadi perhatian bagi Sania Nabila, yang merupakan pemenang Miss Gear 125 Sumatera Selatan dan Bengkulu. Ia juga aktif menggunakan Yamaha Gear 125.

Berikut beberapa tips aman berkendarana ala YRA.

  1. Perlengkapan Berkendara

Perlengkapan berkendara menjadi hal yang wajib diperhatikan. Karena selain fungsi utamanya sebagai pelindung tubuh, perlengkapan berkendara seperti helm, jaket dan lain sebagaianya harus nyaman dipakai dan tidak mengganggu gerak tubuh.

Untuk pakaian, gunakan pakaian yang dapat menutupi seluruh tubuh. Disarankan memakai jaket lengan panjang dan celana panjang agar maksimal melindungi tubuh dari panas dan angin, serta gunakan warna yang cerah agar mudah terlihat oleh pengendara lain.

Perlengkapan lain ada sarung tangan yang dapat menutup seluruh bagian tangan sampai ujung jari. Dan pastikan menggunakan sepatu khusus berkendara, serta disarankan menggunakan sepatu dengan tinggi di atas mata kaki agar kaki dapat terlindungi dengan lebih maksimal. Tidak disarankan memakai sandal atau tanpa memakai alas kaki.

  1. Posisi Tubuh Saat Berkendara

Utamanya adalah posisi duduk saat berkendara. Posisikan duduk anda pada bagian tengah sepeda motor, sesuaikan dengan tinggi badan masing-masing, posisi rileks. Kemudian perhatikan kaki dan lutut, pastikan kaki ditempatkan pada sandaran kaki, menghadap ke depan dan posisi kaki jangan terbuka.

Foto : Istimewa.

Posisi bahu juga penting diperhatikan. Posisikan bahu pada kondisi rileks, jika bahu kaku maka motor akan terasa sulit untuk di-handling atau diajak bermanuver.

Tangan dan bahan, letakkan tangan di tengah handle grip, posisi tangan seperti membentuk huruf “O” atau seperti memeluk bola. Posisi ini akan lebih mudah untuk mengontrol handling motor. Posisi tangan disesuaikan dengan kenyamanan saat berkendara.

Tips penting lainnya yakni pandangan. Pastikan Anda memiliki pandangan luas ke depan. Ini berguna untuk mengontrol kondisi sekitar dan dapat menganalisa kondisi bahaya yang akan dihadapi pengendara dan untuk memutuskan antisipasi yang akan dilakukan. [nus/TA.com]

Keep safety riding ya guys!