Berkunjung ke bengkel Tomi Airbrush di kawasan jalan Kebon Raya 103 Duri Kepa, Jakarta barat, memang banyak pemandangan pekerjaan yang menarik untuk disaksikan. Selain pekerjaan repair ringan juga ada pekerjaan modifikasi yang membutuhkan waktu lama penyelesaiannya. Seperti dua mobil berikut ini, Mistubishi Xpander dan Volkswagen Combi.

Mitsubishi Xpander sedang dalam proses body repair karena rusak atau penyok pada bagian belakangnya. Kerusakan yang umumnya datang ke bengkel Tomi Airbrush untuk pekerjaan body repair mulai dari plat bergelombang, penyok karena benturan atau kecelakaan, cat tergores, dan lain sebagainya. Proses tersebut dapat dikerjakan dalam waktu hitungan hari hingga sekira dua minggu, sampai tampilan kembali seperti semula. Proses waktu pengerjaan tersebut bergantung dari pada tingkat kerusakannya.

Jika Mitsubishi Xpander tersebut adalah contoh perbaikan atau repair kategori ringan, melangkah sedikit ke sisi belakang bengkel, akan ditemui satu unit mobil lawas yakni Volkswagen Combi. VW Combi ini sedang dalam proses restorasi sekaligus modifikasi bodi. Tampang VW Combi tersebut akan diubah tampilannya mendekati tampilan VW Combi Dakota.

Menurut rencana proses modifikasi VW Combi tersebut bakal memakan waktu sekira depalan bulan. “Proses modifikasi ini ditargetkan akan selesai dalam waktu 8 bulan, ada beberapa bagian yang terkena sentuhan modifikasi, mulai dari beberapa bagian bodi depan, bagian pintu, serta beberapa sisi bodi yang musti dikembalikan wujudnya yang telah korosi,” ungkap Tomi Gunawan, pemilik dan builder bengkel Tomi Airbrush.

Bagian-bagian yang rusak akibat korosi terdapat pada dek. Semua proses pengerjaan ini dilakukan dengan membentuk ulang sebagian bodi yang rusak akibat korosi dengan pengelasan plat baru. Setelah itu proses dempul guna menutup beberapa sambungan bodi-bodi barunya, serta finishing nantinya.

“Soal warna akhir, masih dalam proses diskusi dengan pemilik mobil. Nanti kami akan serahkan ke pemiliknya untuk idenya, bisa menggunakan cat-cat berwarna elegan, sporty atau bahkan airbrush. Lihat nanti saja hasil akhirnya,” ujar Tomi mengakhiri pembicaraaan.

Jika Anda memiliki rencana memperbaiki atau bahkan merestorasi mobil-mobil kesayangan Anda, Tomi siap berdiskusi mengenai konsepnya, silahkan hubungi Tomi di nomor 0815 86 700 800 atau +62 812 9051 665, konsultasi gratis. [nus/TA.com]