Sepeda dengan bahan carbon memang banyak digemari oleh para penghobi sepeda. Pasalnya, ada banyak kelebihan yang ditawarkan dari sepeda dengan bahan tersebut. Selain lebih kuat, sepeda dengan bahan carbon juga memiliki bobot ringan, sehingga sangat memudahkan mobilitas para penggunanya.

Dibalik keunggulannya, sepeda dengan material carbon juga ada kekurangannya, terlebih jika salah dalam penggunaannya. Pada dasarnya serat carbon pada sepeda seringkali bersifat satu arah, hal ini menyebabkan sudut pada lapisan frame sepeda tersebut menjadi hal penting untuk diperhatikan. Pelapisan serat carbon pada sudut tertentu akan membuat kekuatan dan kekakuan pada arah tersebut.

Jika tekanan diberikan pada arah yang berlawanan dari pelapisan, komposite carbon akan dapat menahan tekanan tersebut. Tetapi jika serat carbon ditekan searah dengan pelapisannya, menciptakan kelenturan. Kunci dari pelapisan atau layering adalah menciptakan kekakuan dan kekuatan di tempat yang dibutuhkan, tetapi juga memberikan kelenturan di lokasi lain di mana diperlukan.

Kondisi tersebut seringkali luput dari perhatian para penghobi sepeda, misalnya karena benturan di medan jalan yang tiba-tiba sangat ekstrim pada rute yang ditempuh ketika bersepeda juga menjadi salah satu penyebab retak / patahnya frame atau velg sepeda carbon.

Di Jakarta, masih sangat jarang bengkel sepeda yang dapat menangani keluhan-keluhan tersebut. Namun, jika ada diantara Anda yang mengalami hal seperti ini, silahkan hubungi bengkel Tomi Airbrush di nomor 0815 86 700 800 atau +62 812 9051 66 untuk konsultasi cara repair-nya.

Anda dapat juga langsung membuat janji dengan Tomi Gunawan, builder sekaligus pemilik bengkel Tomi Airbrush untuk waktu memperbaikinya. Sebab, di bengkel ini sudah pengalaman menangani repair sepeda carbon sejak puluhan tahun lalu, sebelum sepeda menjadi tren belakangan ini. [nus/TA.com]