Sepeda dengan bahan atau material carbon memang menjadi primadona bagi para penghobi sepeda, terutama yang “doyan” bermain di trek ekstrim. Selain ringan, sejatinya rangka sepeda berbahan carbon juga memiliki keunggulan dari sisi kekuatannya.

Pada dasarnya Serat carbon pada sepeda seringkali bersifat satu arah, hal ini menyebabkan sudut pada lapisan frame sepeda tersebut menjadi hal penting untuk diperhatikan. Pelapisan serat carbon pada sudut tertentu akan membuat kekuatan dan kekakuan pada arah tersebut. Jika tekanan diberikan pada arah yang berlawanan dari pelapisan, komposite carbon akan dapat menahan tekanan tersebut. Tetapi jika serat carbon ditekan searah dengan pelapisannya, menciptakan kelenturan. Kunci dari pelapisan atau layering adalah menciptakan kekakuan dan kekuatan di tempat yang dibutuhkan, tetapi juga memberikan kelenturan di lokasi lain di mana diperlukan.

Dengan prinsip tersebut serat carbon bisa kuat atau kaku, tetapi bisa tidak keduanya. Jadi faktor tersebut yang menyebabkan pabrikan sepeda merancang desain frame sepeda dengan pertimbangan lebih kuat pada area tertentu yang memang benar-benar membutuhkan kekuatan, seperti pada bagian headtube.

Repair rangka carbon sepeda downhill.

Berdasar dari sifat peruntukkannya, bahan carbon memang lebih tepat digunakan pada sepeda-sepeda berjenis sepeda gunung atau dikenal juga sepeda downhill. Namun karena pemakaiannya lebih sering di medan-medan ekstrim, maka tak jarang resiko retak atau patah frame pada sepeda downhill kerap terjadi. Banyak faktor yang menentukan, seperti benturan dan resiko yang timbul karena terjatuh.

Separah apapun kerusakan yang terjadi pada sepeda berbahan carbon yang Anda punya, terutama downhill, jangan ragu untuk membawa sepeda Anda ke bengkel Tomi Airbrush. Bengkel dengan latar belakang modifikasi segala jenis kendaraan yang sudah malang melintang selama 25 tahun ini, juga piawai menangani repair atau modifikasi sepeda.

Bicara soal waktu, untuk pengerjaan repair sepeda berbahan carbon, di bengkel yang dikomandoi oleh Tomi Gunawan ini bisa mengerjakan dalam waktu sekira dua minggu. Mulai dari repair carbon-nya hingga finishing, wujud dan warna kembali seperti semula.

Tomi juga membuka layanan konsultasi bagi Anda yang ingi cari tahu mengenai proses, waktu bahkan berdiskusi, hingga menanyakan soal harga repair dan modifikasi, cukup hubungi Tomi di nomor ini 0815 86 700 800 atau +62 812 9051 66. [nus/TA.com]