Ada satu bagian dari sepeda yang memiliki peran penting untuk menunjang performa sepeda, yakni head tube. Head tube itu sendiri merupakan bagian dari frame sepeda yang terletak pada bagian depan, memiliki fungsi menghubungkan fork sepeda dengan stang atau handlebars. Head tube juga merupakan poros untuk kendali roda sepeda bagian depan.

Performa sepeda juga ditentukan dari panjang dan sudut head tube. Bila pendek, pengendara berada dalam posisi yang mampu mengurangi hambatan angin dan udara, sehingga meningkatkan aerodinamika. Sedangkan kebalikannya, jika head tube panjang, tentu saja berimbas pada bagian depan sepeda yang sedikit mendongak. Head tube panjang membuat para “goweser” berada dalam posisi tegak. Hambatan angin dan udara jadi lebih banyak.

Sepeda yang memiliki head tube tegak membuat kontrol kemudi jadi lebih cepat. Sehingga Anda memerlukan tenaga ekstra untuk mengendarai sepeda tersebut. Sementara, head tube dengan posisi yang lebih landai, jelas kontrol kemudi jadi lebih lambat.

Head tube memilik resiko retak atau patah lebih besar dibandingkan dengan bagian frame sepeda lainnya,” beber Tomi Gunawan, pemilik bengkel Tomi Airbrush. Biasanya resiko ini timbul akibat benturan, hantaman lubang keras atau bisa jadi menerabas tanggul dengan kecepatan dan posisi yang tidak tepat.

Jika Anda mengalami permasalahan ini, jangan khawatir, bawa sepeda Anda ke bengkel Tomi Airbrush. Di bengkel ini, mampu memperbaiki head tube sepeda Anda yang retak atau patah. Contohnya seperti yang ada pada gambar artikel ini.

Tomi baru saja menyelesaikan pengerjaan repair frame sepeda carbon, pada bagian head tube-nya. Diakui oleh Tomi proses repair head tube memang membutuhkan detail dan ketelitian. Selain karena fungsi vitalnya bagi sepeda, pemasangan bearing-nya pun juga harus tetap simetris, agar fungsi utama dari head tube tetap maksimal.

Penasaran dengan hasil repair atau modifikasi sepeda di bengkel Tomi Airbrush? Silahkan hubungi nomor 0815 86 700 800 atau +62 812 9051 665 untuk konsultasi. [nus/TA.com]